23.4 C
New York
Friday, September 27, 2024

Joe Biden Bakal Maju Lagi di Capres AS 2024

New York, MISTAR.ID

Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengaku memiliki niat mencalonkan diri lagi pada pemilihan presiden 2024 mendatang.

“Saya belum membuat keputusan formal itu [maju di Pilpres], tetapi itu niat saya. Niat saya mencalonkan diri lagi, dan kami punya waktu membuat keputusan itu,” ujar Biden saat wawancara dengan media. Biden juga mengatakan istrinya mendukung keputusan dia untuk mengikuti Pilpres 2024.

“Dr Biden, Istri saya berpikir kami melakukan sesuatu yang sangat penting dan saya tak boleh meninggalkannya,” kata orang nomor satu di AS itu, seperti dikutip media.

Baca juga: Positif Covid Lagi, Joe Biden Ngaku Baik-baik Saja

Ia mengatakan motivasi maju ke Pilpres salah satunya karena eks Presiden AS Donald Trump ingin kembali ke Gedung Putih. Biden juga mengingat petuah dari anaknya yang sudah meninggal, Beau Biden.

“Jika mereka memiliki pandangan yang bertentangan dengan rata-rata warga AS, [Beau pernah mengatakan kepada saya] Ayah, Anda punya kewajiban,” kata Biden.

Niat ini bukan kali pertama. Sebelumnya, Biden juga mengutarakan niat untuk mengikuti Pilpres. Namun, suatu waktu dia menunjukkan keraguan. Pada September lalu misalnya, Biden mengatakan terlalu dini dan masih harus mempertimbangkan banyak hal untuk kembali bersaing di kontestasi politik itu.

Dalam kesempatan ini, Biden membeberkan alasan tak mengumumkan keputusan itu secara jelas. Menurut Biden, hal tersebut akan mengubah status hukum yang mengikat dirinya.

“Begitu saya membuat penilaian itu, seluruh rangkaian peraturan berlaku, dan saya harus memperlakukan diri saya sebagai kandidat sejak saat itu,” ucap Biden.

Baca juga: Joe Biden Jatuh dari Sepeda saat Menyapa Warga

Tekanan untuk mengklarifikasi keputusan Biden akan tumbuh usai Midterms berlangsung. Ini akan menjadi kesempatan para pemilih untuk memberikan keputusan nasional soal kepresidenan Joe Biden.

Tekanan bakal semakin besar karena Trump disebut akan mencalonkan diri lagi dalam Pilpres 2024. Jika terpilih kembali, Biden akan berusia 86 tahun pada saat dia menyelesaikan masa jabatan keduanya. (cnn/hm09)

Related Articles

Latest Articles