29.7 C
New York
Friday, July 5, 2024

Jihadis Bombardir Terowongan Idlib Tewaskan 11 Tentara di Suriah

Idlib, MISTAR.ID

Jihadis dari kelompok Ansar al-Tawhid dan Partai Islam Turkestan (TIP) membunuh sedikitnya 11 tentara di barat laut Suriah pada hari Sabtu (26/8/23). Para jihadis meledakkan bom yang ditempatkan di terowongan yang digali di bawah posisi militer di provinsi selatan Idlib.

Rami Abdel Rahman, kepala Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berbasis di Inggris, mengatakan: “Para jihadis meledakkan terowongan yang mereka gali di bawah posisi tentara dan secara bersamaan melakukan serangan dari terowongan lain,” ujarnya melansir AFP, Minggu (27/8/23).

Serangan itu, yang juga melukai 20 tentara, terjadi ketika Suriah dan sekutu militer utamanya, Rusia, menembaki daerah pegunungan Jabal al-Zawiya di provinsi Idlib.

Layanan Darurat Relawan Helm Putih mengatakan, dua anak tewas dan lima warga sipil lainnya terluka ketika rumah mereka di desa Kansafra diserang. Seorang fotografer AFP menghadiri pemakaman anak-anak tersebut.

Baca juga: Pimpinan ISIS Diumumkan Tewas Dalam Pertempuran di Suriah

Pada hari Jumat (25/8/23), Rusia melancarkan serangan udara di daerah Jisr al-Shughur, lebih jauh ke utara, di mana para jihadis TIP hadir.

Kedua kelompok yang terlibat dalam serangan terowongan itu berafiliasi dengan kelompok jihad Hayat Tahrir al-Sham (HTS), yang menguasai sebagian besar provinsi Idlib serta sebagian provinsi tetangga Aleppo, Hama dan Latakia.

Related Articles

Latest Articles