8.9 C
New York
Saturday, May 11, 2024

Indonesia Kutuk Keras Serangan Israel ke Gedung Kedubes Iran di Suriah

Suriah, MISTAR.ID

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Republik Indonesia (RI) mengutuk keras serangan Israel ke Gedung Kedutaan Besar (Kedubes) Iran di Suriah. Kutukan itu disampaikan melalui unggahan media sosial di-X, Selasa (2/4/24).

“Serangan ini merupakan pelanggaran langsung terhadap hukum internasional dan Piagam PBB. Ini adalah tindakan berbahaya lainnya yang dilakukan Israel yang akan semakin meningkatkan konflik di kawasan dan mengurangi prospek perdamaian abadi,” bunyi dari akun @Kemlu_RI.

Gedung Kedubes Iran di Damaskus, Suriah hancur setelah diserang Israel, Senin (1/4/24). Menurut pejabat Suriah dan Iran, satu dari tujuh korban tewas merupakan komandan senior Pasukan Quds.

Baca juga : Serangan Israel ke Konsulat Iran Tewaskan Komandan Garda Revolusi

Para pejabat Iran mengecam serangan itu. Mereka khawatir terjadi kekerasan lebih lanjut antara Israel dan sekutu Iran yang dipicu oleh perang Gaza.

“Kami mengutuk keras serangan teroris keji yang menargetkan gedung Kedubes Iran di Damaskus dan menewaskan sejumlah orang tidak berdosa,” jelas Menteri Luar Negeri Suriah, Faisal Mekdad seperti dilansir dari Reuters.

Menurut Korps Pengawal Revolusi Islam Iran, tujuh penasihat militer Iran tewas dalam serangan. Salah satunya Mohammad Reza Zahedi, komandan senior Pasukan Quds sekaligus pasukan elite spionase dan paramiliter asing.

Related Articles

Latest Articles