17.8 C
New York
Thursday, September 12, 2024

Hotel dan Tempat Wisata Vietnam Berantakan Diterpa Topan Yagi

Hanoi, MISTAR.ID

Vietnam diterpa Topan Yagi, hujan deras dan angin kencang sehingga memporak-porandakan Provinsi Quang Ninh.

Dirangkum dari VN Express pada Kamis (12/9), Quang Ninh merupakan rumah bagi situs warisan UNESCO, Ha Long Bay. Area ini sebagai salah satu daerah yang dilanda topan paling parah.

Bai Chay, yang dikenal merupakan wilayah wisata paling ramai di Ha Long, adalah rumah bagi kompleks hiburan kelas atas, pasar Cai Dam yang ramai, pantai-pantai nan indah, dan berbagai wisma, hotel, dan bar yang menawarkan layanan lengkap.

Baca juga:Topan Super Yagi Terjang Vietnam, 6 Orang Tewas Akibat Tanah Longsor

Kawasan yang dulunya ramai, kini hancur berantakan pasca diterpa Topan Yagi. Sebuah sentral jajanan populer di depan Sun World Park, objek wisata terkenal di Distrik Bai Chay kacau balau

Rangka dan rambu-rambu aluminium penyok akibat angin kencang, sehingga jalan dipenuhi pecahan kaca. Berjibun dekorasi restoran hancur total. Diprediksi setiap bisnis mengalami kerusakan hingga ratusan juta dong.

Di Restoran Minh Phi 2, Jalan Hoang Quoc Viet, cuma rangka besi yang masih berdiri tegak setelah diterjang topan selama 2 hari. Jalanan saat ini dipenuhi puing-puing. Pohon-pohon roboh menyebabkan orang-orang kesusahan untuk bergerak.

Kerusakan parah dialami Hotel Sea Star di Daerah Perkotaan Cai Dam, Distrik Bai Chay, dengan banyak pintu kaca pecah dampak topan.

Baca juga:Jepang Dilanda Topan Shanshan, 3 Tewas dan 78 Warga Terluka

Sistem akomodasi kelas atas di Distrik Bai Chay, utamanya hotel bintang 4 dan 5, mengalami pecahan kaca, papan nama rusak, dan panel aluminium robek dari fasadnya.

Perwakilan dari hotel bintang lima dengan hampir 100 kamar di kawasan wisata Bai Chay menggambarkan kerusakan itu merupakan dampak yang begitu parah, di mana sebagian besar kamar rusak.

Sampai Senin (9/9/24), banyak hotel belum tuntas menilai tingkat kerusakan semuanya. Senin sore, hujan deras dan pemadaman listrik terus menerpa kawasan Bai Chay, menghalangi upaya pembersihan dan mempersulit warga agar pulih dari imbas topan. (dtk/hm16)

Related Articles

Latest Articles