26.6 C
New York
Wednesday, May 22, 2024

Hari Pertama Gencatan Senjata, 39 Tawanan Dibebaskan Israel

Gaza, MISTAR.ID

Hari pertama gencatan senjata, sebanyak 39 warga Palestina yang ditawan Israel bakal dibebaskan Sabtu (25/11/23) antara pukul 8 malam atau 01.00 WIB.

Pembebasan para tawanan Israel ini pada tahap awal akan diambil dari dua penjara, yakni penjara Meggido di Haifa dan Damon. Para tawanan akan dibawa ke penjara Ofer di Tepi Barat untuk pemeriksaan terakhir oleh Palang Merah.

Israel dan Hamas akhirnya setuju menerapkan gencatan senjata selama empat hari. Waktu yang sempit itu dipergunakan untuk membebaskan tawanan, jeda pertempuran, hingga membuka jalur tiap hari bagi 200 truk bantuan kemanusiaan yang masuk ke Gaza.

Soal pertukaran tahanan, Hamas akan melepas 50 sandera di Gaza, sementara Israel akan membebaskan 150 warga Palestina yang dipenjara.

Baca juga: Usai Gencatan Senjata, Israel Bakal Kembali Melanjutkan Perang

Tawanan yang dibebaskan Israel merupakan laki-laki berusia 13-18 tahun, dan sekitar 33 perempuan.

Sejak melancarkan agresi ke Palestina pada 7 Oktober, Israel menangkap lebih dari 3.000 orang  karena dituduh melemparkan batu dan merugikan keamanan nasional serta mendukung organisasi teror ilegal, kepemilikan senjata ilegal, penghasutan, dan tuduhan percobaan pembunuhan.

Beberapa tahanan lain juga disebut terdaftar sebagai anggota Hamas dan kelompok milisi Islam lain.(cnn/hm17)

Related Articles

Latest Articles