28.9 C
New York
Saturday, July 6, 2024

Hadapi Dakwaan Suap, Bob Menendez Mundur dari Ketua Hubungan Luar Negeri Senat AS

“Sehingga membahayakan kemampuan Senator Menendez untuk secara efektif mewakili rakyat negara bagian kami. Oleh karena itu, saya menyerukan pengunduran dirinya segera,” tulisnya.

Berdasarkan hukum New Jersey, jika Menendez mengundurkan diri dari Senat, gubernur akan menunjuk seorang pengganti sementara untuk menjalani sisa masa jabatannya.

Namun penundaan antara pengunduran diri dan penunjukan sementara dapat menimbulkan masalah bagi Partai Demokrat di Senat yang mereka kendalikan dengan selisih satu kursi.

Dalam pernyataan kedua yang menantang pada hari Jumat (22/9/23), Menendez bersumpah, “Saya tidak akan kemana-mana”.

Baca Juga: Komnas HAM Sarankan Perubahan Jadwal Relokasi Warga Rempang

Penyelidikan Bertahun-tahun

Dakwaan tersebut dibuat setelah Departemen Kehakiman AS melakukan penyelidikan selama bertahun-tahun.

Pada musim panas tahun 2022, agen federal mengeksekusi surat perintah penggeledahan di rumah Menendez dan menemukan bukti perjanjian suap, termasuk lebih dari $480.000 dalam bentuk tunai.

“Sebagian besar dimasukkan ke dalam amplop dan disembunyikan di pakaian, lemari, dan brankas,” kata jaksa.

Para agen federal juga mengatakan, mereka telah menemukan sebuah kendaraan mewah Mercedes-Benz yang dibayar oleh Uribe yang diparkir di garasi, serta emas batangan senilai $100.000 di dalam rumah, yang fotonya juga disertakan dalam surat dakwaan.

Sebagai akibat dari dakwaan tersebut, Menendez dan istrinya telah diminta untuk menyerahkan beberapa aset, termasuk rumah mereka di New Jersey.

BBC telah menghubungi perusahaan-perusahaan yang dimiliki oleh Hana dan Daibes untuk memberikan komentar. Kedutaan Besar Mesir di Washington DC tidak menanggapi permintaan komentar.

Menendez, istrinya dan tiga rekan terdakwa lainnya dijadwalkan hadir di pengadilan federal Manhattan pada 27 September mendatang. (bbc/hm22)

Related Articles

Latest Articles