30.8 C
New York
Saturday, July 6, 2024

Hadapi Dakwaan Suap, Bob Menendez Mundur dari Ketua Hubungan Luar Negeri Senat AS

Dalam dakwaan setebal 39 halaman yang dibuka pada hari Jumat (22/9/23), posisi kepemimpinan dan kekuasaan Menendez sebagai senator yang memungkinkan terjadinya pengaruh jual beli tersebut.

Pasangan ini masing-masing menghadapi tiga dakwaan kriminal: konspirasi penyuapan, konspirasi melakukan kebohongan akan layanan yang jujur, dan konspirasi pemerasan dengan menggunakan jabatan.

Dalam sebuah pernyataan melalui pengacaranya, Nyonya Menendez membantah telah melakukan kesalahan dan mengatakan bahwa ia akan membela diri di pengadilan.

Baca Juga: Pangeran Harry Terancam Dideportasi dari Amerika karena Narkoba

Menendez menggambarkan tuduhan tersebut bermotif politik. “Selama bertahun-tahun, kekuasaan-kekuasaan di balik layar telah berulang kali berusaha membungkam suara saya dan mencari-cari kesalahan politik saya,” katanya dalam sebuah pernyataan yang panjang.

“Sejak investigasi ini bocor hampir setahun yang lalu, telah ada kampanye kotor yang aktif dari sumber-sumber anonim dan sindiran untuk menciptakan suasana tidak pantas di tempat yang tidak ada.”

“Saya yakin bahwa masalah ini akan berhasil diselesaikan setelah semua fakta disajikan dan sesama warga di New Jersey akan melihat hal ini apa adanya,” tambahnya.

Desakan Mundur

Sejumlah petinggi Partai Demokrat, termasuk setidaknya empat anggota Kongres dari New Jersey, menyerukan agar Bob mengundurkan diri.

Dalam sebuah pernyataan, Gubernur New Jersey Phil Murphy mengatakan bahwa tuduhan tersebut sangat serius.

Related Articles

Latest Articles