13.9 C
New York
Sunday, October 6, 2024

Giliran Yunani Dilanda Panas Ekstrem, Suhu Terpanas yang Tercatat 50 Tahun Terakhir

Athena, MISTAR.ID

Yunani dilanda gelombang panas dengan suhu melebihi 40 derajat. Observatorium Nasional Yunani menyatakan suhu ini sebagai yang tertinggi dalam 50 tahun.

Rekor gelombang panas sebelumnya di Yunani terjadi pada tahun 1987. Saat itu suhu mencapai 39 derajat Celcius dan berlangsung selama 11 hari.

Kostas Lagouvardos, direktur penelitian di Observatorium Nasional Yunani, mengatakan negara itu menghadapi gelombang panas selama 17 hari. Pada saat yang sama, Yunani terkena panas selama 11 hari.

Baca juga: Iklim Mengamuk! Italia di Terjang Panas Ekstrem bersamaan dengan Badai Es

“Menurut data, kita kemungkinan akan mengalami panas selama 16-17 hari, yang belum pernah terjadi sebelumnya di negara kita,” kata Lagouvardos melansir AFP Minggu (23/7/23).

Puluhan juta orang di seluruh dunia menderita gelombang panas. Para ahli menyebut Juli sebagai bulan terpanas dalam setahun. Selain Yunani, Amerika Serikat (AS) juga mengalami hal serupa. Gelombang panas diperkirakan akan berlanjut di Negeri Paman Sam selama beberapa hari ke depan.

Baca juga: Juli 2023 Menjadi Bulan Paling Terpanas Dalam Sejarah Manusia, NASA: Hanya Awal

Para ahli berasumsi bahwa gelombang panas disebabkan oleh pembakaran bahan bakar fosil. Hal ini menyebabkan kenaikan suhu bumi dan merusak cuaca. (Mtr/hm21).

Related Articles

Latest Articles