17 C
New York
Thursday, May 16, 2024

Gempa 6,2 Magnitudo di China Tewaskan 100 Orang Lebih

China, MISTAR.ID

Gempa bumi yang mengguncang wilayah Provinsi Gansu di Barat Laut China, Senin (18/12/23) pukul 23.49 waktu setempat menewaskan lebih dari 100 orang. Gempa yang terjadi berkekuatan 6,2 Magnitudo pada kedalaman 10 kilometer.

Titik gempa  terjadi di sekitar 100 kilometer barat daya ibu kota Provinsi Gansu, Lanzhou, dan diikuti oleh beberapa gempa susulan yang lebih kecil.

Kantor berita pemerintah Xinhua menyebut, gempa itu menyebabkan kerusakan besar, merobohkan rumah, dan menyebabkan orang-orang berlarian ke jalan untuk menyelamatkan diri. Selain ratusan korban tewas, puluhan orang lainnya juga terluka usai gempa kuat dan dangkal itu terjadi.

Baca Juga : Gempa Magnitudo 7,6 Landa Filipina Selatan, Tsunami Diperkirakan Setinggi 3 Meter

Di Kota Haidong di provinsi tetangga Qinghai, 11 orang juga tewas dan lebih dari 100 orang terluka. Dalam video yang beredar di media sosial setempat pasca gempa, terlihat langit-langit bangunan yang runtuh dan puing-puing lainnya akibat gempa tersebut.

Pasokan listrik dan air juga terganggu di beberapa desa setempat usai bencana ini. Pemerintah setempat telah meluncurkan operasi tanggap darurat dan mengirimkan personel untuk menyelamatkan warga di wilayah terdampak gempa.

Presiden China Xi Jinping juga telah menyerukan “upaya sekuat tenaga” dalam operasi pencarian dan pengiriman bantuan bagi provinsi itu. (mtr/hm24)

Related Articles

Latest Articles