17.2 C
New York
Sunday, September 29, 2024

Gembong Narkoba Thailand Operasi Plastik Wajahnya Bak Pria Korea

Bangkok, MISTAR.ID

Seorang pengedar narkoba Thailand menjalani beberapa operasi plastik wajah agar terlihat seperti “pria Korea yang tampan” dan menghindari hukum, kata pihak berwenang setempat. Saharat Sawangjaeng, yang mengadopsi nama lain Jimin Cheong, ditangkap pekan lalu di sebuah kondominium di Bangkok.

Polisi, yang telah memburu pria berusia 25 tahun itu selama tiga bulan, mengatakan “tidak ada wajah aslinya yang tersisa”. Mereka melacaknya dengan menelusuri peredaran ekstasi ke penjual dan pembeli lain di Bangkok.

Saksi menggambarkannya sebagai “pria Korea yang tampan” kepada polisi. Dia juga mengubah namanya menjadi nama Korea dan polisi mengatakan dia memberi tahu mereka bahwa dia ingin memulai kembali hidupnya di Korea Selatan.

Baca juga: Duh! 29 Tewas dalam Penangkapan Anak Gembong Narkoba El Chapo di Meksiko

Sawangjaeng telah didakwa dengan impor ilegal narkotika. Dia mengaku memesan MDMA, juga dikenal sebagai ekstasi, melalui web gelap menggunakan cryptocurrency, kata polisi minggu lalu.

Sawangjaeng pada tahun-tahun sebelumnya telah ditangkap setidaknya tiga kali. Suatu kali dia ditahan atas tuduhan penyerangan, dan polisi menemukan 290 pil ekstasi dan 2 kg narkotika dalam bentuk cair di tempat tinggalnya.

Tetapi dia berhasil lolos dari penahanan dan pada satu titik, menjalani prosedur pembedahan ekstensif untuk menghindari penyelidik. Jenderal Mayor Polisi Thailand Thammasutee menggambarkannya sebagai “salah satu penyebab utama epidemi MDMA Bangkok”, media melaporkan.

Baca juga: Gembong Narkoba Diduga Sogok Presiden Honduras

“Dia adalah gembong narkoba yang mengimpor MDMA dari Eropa pada usia 25 tahun. Kami percaya ada lebih banyak tersangka di luar negeri. Kami akan melanjutkan penyelidikan kami,” kata Thammasutee. (bbc/hm09)

Related Articles

Latest Articles