21.1 C
New York
Sunday, October 6, 2024

Dukung Pasukan Pemberontak, Markas Militer Turki di Libya Digempur

Ankara, MISTAR.ID
Pasukan udara asing yang mendukung pasukan pemberontak menyerang markas militer Turki di pangkalan udara Al-Watiya Libya, Minggu (5/7/20) malam.

Pasukan Pemerintah Kesepakatan Nasional (GNA) merebut kembali pangkalan udara Al-Watiya dekat Tripoli ibu kota Libya dari pasukan pemberontak pimpinan Khalifa Haftar, beberapa waktu lalu.

Dalam konflik Libya, Turki mendukung pasukan GNA yang diakui PBB, berbasis di Tripoli melawan pasukan pemberontak pimpinan Khalifa Haftar.

“Serangan semalam terhadap pangkalan Al-Watiya dilakukan oleh angkatan udara asing untuk mendukung penjahat perang dalam upaya meraih kemenangan untuk pasukan Haftar,” kata Wakil Menteri Pertahanan GNA Salah Namrush.

Baca Juga:Ibu Kota Libya Digempur Roket, 5 Warga Sipil Tewas

Namun, Namrush tidak menjelaskan secara detail angkatan udara asing mana yang diduga berada di balik serangan itu.

Mengutip sumber-sumber militer, media pro-Haftar sebelumnya mengatakan, serangan itu dilakukan oleh pesawat tak dikenal. Sumber-sumber menyebut tentara Turki di pangkalan itu menjadi korban.

Seorang pejabat senior Turki mengkonfirmasi kerusakan material di pangkalan itu tetapi membantah ada korban jiwa.

Kantor berita Turki Anadolu, mengutip pejabat militer GNA yang tidak disebutkan namanya, juga mengungkapkan tidak ada korban jiwa dalam insiden itu. “Perangkat yang baru-baru ini dikerahkan untuk memperkuat pertahanan udara rusak,” kata Anadolu.

Libya berada dalam kondisi kacau balau sejak penggulingan diktator Moamer Kadhafi yang didukung NATO pada 2011 lalu. Penggulingan itu menyebabkan timbulnya sejumlah faksi membingungkan yang sama-sama berusaha untuk memegang kendali.

Pasukan Haftar diketahui mendukung pemerintah saingan yang berbasis di Libya timur dan menolak mengakui pemerintah yang didukung oleh PBB pimpinan Fayez al-Sarraj.(cnnindonesia/hm10)

Related Articles

Latest Articles