9.8 C
New York
Friday, April 26, 2024

Crazy Rich Vietnam Truong My Lan Divonis Mati, Ini Kekayaannya

Jakarta, MISTAR.ID

Crazy rich Vietnam Truong My Lan divonis hukuman mati dalam kasus penipuan hingga penggelapan bernilai sekitar Rp200,06 triliun. Perempuan yang kini berusia 63 tahun itu dinyatakan bersalah atas penggelapan, penyuapan dan pelanggaran peraturan perbankan dalam sidang di Kota Ho Chi Minh pada Kamis (11/4). Nilai kasus penipuan yang dilakukan Lan mencapai US$12,5 miliar atau sekitar Rp200,6 triliun (US$1=Rp16.005).

Lan merupakan raksasa pebisnis properti besar di Vietnam. lantas, seberapa besar kekayaan Lan?

Dalam laporan, Jaksa telah menyita lebih dari seribu properti yang dimiliki Lan. Hasil rampasan tersebut mencapai 3 persen produk domestik bruto (PDB) Vietnam pada 2022.

Trading Economics menyebut PDB Vietnam tahun 2022 senilai US$408,80 miliar. Maka dari itu, rampasan asset Lan diduga bernilai sekitar US$12,264 miliar.

Baca juga:Wow! Begini Grazy Rich Habiskan Uang Selama Pandemi

AP melaporkan perusahaan Lan, Van Thinh Phat (VTP), terhubung dengan beberapa properti paling berharga di Kota Ho Chi Minh, seperti Times Square Saigon 39, Windsor Plaza Hotel, Capital Place 37 lantai dan hotel Bintang Lima Sherwood Residence di mana Lan tinggal.

Lan ditangkap kepolisian Vietnam pada Oktober 2022 lalu dengan dugaan penggelapan dana 304 triliun dong Vietnam atau sekitar Rp192 triliun.

Suaminya, investor Hong Kong Eric Chu Nap-Kee, termasuk dalam 86 orang yang diadili. Keponakan Lan, Truong Hue Van, CEO Van Thinh Phat, juga ikut diadili.

Lan secara ilegal mengendalikan Bank Komersial Saham Gabungan Saigon pada 2012-2022 untuk menyedot dana lewat ribuan perusahaan ‘hantu’ dan menyuap pejabat pemerintah.

Akan tetapi, tuduhan itu dibantah Lan. Dia mengaku putus asa dan ingin bunuh diri.

Dalam keputusasaannya, Lan mengatakan memikirkan kematian. ia mengaku sangat marah karena merasa cukup bodoh untuk terlibat dalam lingkungan bisnis yang sangat sengit ini, sektor perbankan, yang hanya sedikit saya ketahuinya.

Baca juga: Truong My Lan, Crazy Rich Vietnam Divonis Mati Kasus Penipuan Rp200 T

Meski sudah dijatuhi hukuman mati, pihak Lan masih bisa mengajukan banding atas putusan tersebut.

Seorang pembawa acara siniar Vietnam Weekly, Michael Tatarski, mengatakan Lan dan keluarganya sangat tidak dikenal meskipun mereka kaya raya. Hanya sedikit informasi atau foto mereka yang tersedia untuk publik.

“Beberapa di antaranya sudah muncul sekarang, tapi sedikit yang diketahui tentang bagaimana dia bisa memperoleh kekayaan sebesar ini. Mereka sangat tertutup meski merupakan keluarga yang sangat kuat,” kata Michael Tatarski. (cnn/hm06)

Related Articles

Latest Articles