13.6 C
New York
Thursday, May 2, 2024

China Klaim Selat Taiwan Milik Beijing

Beijing, MISTAR.ID
China mengklaim bahwa Selat Taiwan adalah milik mereka. Hal ini ditegaskan Menteri Luar Negeri China Qing Gang.

Dia menjelaskan, China berhak dan pantas untuk menegakkan kedaulatannya di Selat Taiwan dengan menggelar latihan militer di perairan itu. Ia mengutarakan pernyataan itu di Forum Lanting di Shanghai, Jumat (21/4/23).

“Baru-baru ini ada retorika absurd yang menuduh China mengancam status quo (di Selat Taiwan), mengganggu perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan,” kata Qin.

“Logikanya tidak masuk akal dan kesimpulannya berbahaya,” papar Qing.

Baca Juga:Kapal Perang AS dan Kanada Transit di Selat Taiwan

Qing menegaskan “orang yang berpikiran adil” dapat melihat siapa yang mengintimidasi dalam konfliknya dengan Taiwan.

“(Selat Taiwan) bukan daratan China, tapi pasukan separatis kemerdekaan Taiwan dan beberapa negara berupaya merusak status quo,” ucap Qin.

“Mereka yang bermain api di Taiwan pada akhirnya akan membuat diri mereka sendiri terbakar,” paparnya seperti dikutip Reuters.

Baca Juga:Militer China Dikerahkan ke Selat Taiwan

Baru-baru ini, China kembali dibuat geram lantaran Presiden Taiwan Tsai Ing Wen ngotot bertemu dengan anggota DPR Amerika Serikat saat transit di Negeri Paman Sam dalam turnya ke Amerika latin.

Menurut Beijing, pertemuan Tsai dengan pejabat AS sama saja dengan “pengakuan” Washington terhadap Taiwan sebagai sebuah negara.

Sementara itu, China selama ini menganggap Taiwan sebagai wilayanya yang membangkang karena kekeh untuk merdeka.

Baca Juga:Kapal Perang AS Kembali Melintas di Kawasan Sensitif Selat Taiwan

Akibat lawatan Tsai ke AS, China pun menanggapi dengan menggelar latihan militer mengepung Taiwan. China mengirim puluhan jet tempur dan kapal militer untuk simulasi perang di sekeliling Taiwan.

Provokasi militer China terhadap Taiwan semakin menjadi-jadi setelah Ketua DPR AS, Nancy Pelosi, sempat berkunjung ke Taipei pada Agustus 2022 lalu.

Sejak itu, China terus mengintimidasi Taiwan dengan menggelar latihan militer besar-besaran seperti “mengepung” wilayah tersebut.(cnn/hm10)

 

Related Articles

Latest Articles