18.8 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

Butuh 30 Jam Antre untuk Melihat Jenazah Ratu Elizabeth

London, MISTAR.ID

Salah satu warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Inggris, Harisul Amal, menceritakan antrean bisa sampai 30 jam untuk menengok jenazah Ratu Elizabeth II di Westminster Hall.

“Aku kemarin [bisa sampai] 30 jam antreannya,” kata Haris saat menceritakan pengalaman melayat untuk sang ratu kepada media, Kamis (15/9/22).

Di luar Istana, tampak orang berbaris mengantre untuk memberi penghormatan terakhir kepada Sang Ratu. Menurut pengakuan Haris, panjang antrean itu bisa hingga 10 kilometer.

Baca juga: PM Australia Beri Penghormatan kepada Ratu Elizabeth II dengan Upacara Peletakan Karangan Bunga

Haris mengaku mulai antre sejak pukul 15.00 waktu setempat pada Rabu (14/9/22). Sementara itu, Kerajaan baru membuka ziarah untuk umum pada pukul 17.00 setempat. Ia berangkat dari Leeds demi bisa memberi penghormatan kepada Sang Ratu. Jarak dari Leeds ke London sekitar 315 kilometer.

Lebih lanjut, Haris menceritakan untuk bisa berziarah orang harus mendaftar dulu. Jika sudah terdaftar, ia akan mendapat yellow tag atau gelang kuning sebagai tanda. Namun, lokasi itu jauh dari tempat dia berdiri.

“Jauh banget (menuju) ujung antreannya. Makanya aku naik kereta [bawah tanah] daripada jalan sampai ujung antrean,” ucap dia lagi.

Saat Haris sudah mendapat yellow tag, ribuan orang sudah ‘mengular’. Ia kemudian bertanya kepada polisi berapa lama lagi ia harus antre untuk bisa berziarah langsung.

“Dari tempat aku berdiri, aku tanya ke polisi, katanya 30 jam,” cerita Haris.

Baca juga: Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia di Usia 96 Tahun, Charles Jadi Raja

Ia juga memantau dari situs resmi soal penghormatan untuk sang ratu. Dalam situs itu, tertulis antrean bisa lebih dari 24 jam. Bagi yang tak mau antre, pihak berwenang menganjurkan menonton prosesi dari layar yang disediakan di Hyde Park.

Haris tak mengetahui antrean bakal sepanjang itu. Ia juga tak mempersiapkan perbekalan sebagaimana warga lokal. Laki-laki asal Aceh itu akhirnya pulang sekitar pukul 22.00 waktu setempat karena tak sanggup mengantre.

“Aku keluar dari barisan. Lima hingga enam jam sudah menyerah,” ucap Haris.

Baca juga: Ini Rahasia Umur Panjang Ratu Elizabeth II

Kerajaan Inggris membuka kesempatan bagi warga yang ingin memberikan penghormatan terakhir kepada Sang Ratu.

Ziarah umum itu dibuka 24 jam, mulai Rabu pukul 15.00 hingga Senin, 19 September mendatang. Ratu Elizabeth II bakal dimakamkan pada Senin mendatang. Namun, sejauh ini belum ada informasi lebih lanjut jam berapa ia dikebumikan. (cnn/hm09)

Related Articles

Latest Articles