18.6 C
New York
Sunday, September 29, 2024

Beruang Kutub Makin Banyak Berkeliaran di Kota Churchill

Manitoba, MISTAR.ID

Tidak asing jika Kota Churchill, Provinsi Manitoba, Kanada, sering didatangi beruang kutub selama Juli hingga November. Umumnya, beruang kutub mendatangi Kota Churchill tidak sebanyak tahun ini.

Meningkatnya jumlah beruang kutub yang mendatangi kota telah membuat Petugas Konservasi dari Program Peringatan Beruang Kutub (PBAP) menerima hingga 76 panggilan telepon dari warga setempat per 15 Agustus 2023.

“Ada banyak sekali beruang kutub di dan sekitar Kota Churchill. Kami mencatat jumlah beruang kutub tahun ini yang mencetak rekor tertinggi. Ini dipengaruhi pencairan es di Teluk Hudson baru-baru ini,” kata Chantal Maclean, petugas konservasi di Churchill, Minggu (27/8/23).

Dalam menghadapi situasi ini, para petugas konservasi berusaha mengusir beruang kutub. Petugas menggunakan amunisi khusus, seperti bean bag atau suara serta hembusan angin dari helikopter.

Baca juga: Kebun Binatang di China Dituding Tampilkan Manusia Berkostum Perankan Beruang Madu

Jika langkah ini tidak berhasil, beruang kutub yang bermasalah akan dibius sebelum akhirnya dibawa atau diangkut ke tempat pengamanan. Dibutuhkan kerja sama dari 10 orang untuk memindahkan beruang kutub yang sudah dibius ke dalam truk RCMP.

Setidaknya, ada tiga beruang kutub yang diamankan oleh petugas sebelum dilepaskan kembali ke alam liar setelah 30 hari dalam satu pekan belakangan.

Sebagai perbandingan, pada musim yang sama tahun sebelumnya, petugas hanya menerima 18 panggilan telepon dan tidak ada beruang kutub yang perlu ditangkap, dibius, atau ditampung.

Related Articles

Latest Articles