11.1 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Badai Es Sebabkan 500.000 Rumah di Kanada Tanpa Listrik

Montreal, MISTAR.ID

Ratusan ribu rumah di Kanada bagian timur tetap tanpa listrik pada Jumat (7/4/23) waktu setempat, dua hari setelah badai es menewaskan dua orang dan menyebabkan kerusakan properti yang meluas, terutama di Montreal.

Seperti dilaporkan AFP, sekitar 500.000 rumah di Quebec berada dalam kegelapan, turun dari 1,1 juta pada puncak pemadaman.

“Kami telah memulihkan daya ke lebih dari 50 persen pelanggan yang terkena dampak pemadaman,” kata penyedia listrik Hydro-Quebec.

Baca Juga:Badai Besar Guncang Selandia Baru, Ratusan Penerbangan Dibatalkan

“Tim kami sedang bekerja keras dan kami yakin bahwa 200.000 pelanggan lainnya akan mendapatkan kembali listrik mereka pada penghujung hari,” tambah perusahaan utilitas itu.

Beberapa rumah meskipun akan tanpa listrik sampai Minggu, kemungkinan Senin, kata juru bicara Hydro-Quebec Regis Tellier.

“Kondisi cuaca yang lebih baik harus mempercepat pemulihan layanan,” katanya.

Baca Juga:Badai Musim Dingin Bekukan Sebagian AS, 34 Tewas

Montreal, yang menyumbang sekitar setengah dari pemadaman, membuka enam tempat penampungan darurat sementara di mana penduduk tanpa listrik bermalam.

Di satu tempat, yang terletak di lingkungan Verdun, sekitar 30 orang datang untuk melakukan pemanasan, minum kopi, makan, dan mengisi daya perangkat elektronik mereka pada hari pertama akhir pekan panjang Paskah.

“Itu sangat membosankan,” kata Isabelle, guru berusia 28 tahun, yang menolak menyebutkan nama belakangnya.

Baca Juga:Kebocoran Gas Sulut Kebakaran di Laut Teluk Meksiko

“Saya telah merencanakan untuk bekerja dan itu sedikit menunda saya, tetapi ini bukanlah akhir dari dunia,” katanya kepada AFP.

Rosalie Gouba, didampingi oleh ibu dan dua putranya yang berusia delapan dan tiga tahun, mengatakan dia menyesal harus membuang persediaan makanan bulan depan dan melihat pemadaman terus berlanjut.

“Malam pertama sangat sulit karena saya takut tidur dalam gelap. Karena saya stres, anak-anak juga,” kata perempuan berusia 30 tahun yang datang dengan membawa buku untuk menyibukkan anak laki-lakinya.

Baca Juga:AS Bagian Timur Laut dan Kanada Bersiap untuk Ledakan Arktik ‘Epik’

Seorang penduduk Ontario tewas tertimpa pohon tumbang pada hari Rabu, sementara seorang pria berusia 60-an meninggal pada Kamis pagi, tertimpa dahan yang ia coba potong di halaman rumahnya, sekitar 60 kilometer (35 mil) barat Montreal.

Pejabat kesehatan di Montreal juga mencatat sekitar 60 laporan keracunan karbon monoksida, setelah keluarga menggunakan barbekyu dalam ruangan agar tetap hangat. (sindo/hm14)

Related Articles

Latest Articles