6.9 C
New York
Saturday, April 27, 2024

AS dan Australia Bersatu Lawan China

Washington, MISTAR.ID

Amerika Serikat dan Australia bersatu melakukan perlawan dengan China. Itu mereka tunjukkan dengan melakukan pembicaraan tingkat tinggi, Senin (27/7/20).

Dilansir dari AFP, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dan Menteri Pertahanan AS Mark Esper, menyambut kedatangan utusan Australia yang diwakili Menteri Luar Negeri Marise Payne dan Menteri Pertahanan Linda Reynolds di Washington.

Pembicaraan itu akan berlangsung selama dua hari dan konferensi pers, Selasa (28/7/20). Dalam sebuah pernyataan sebelum perjalanan ke AS, Payne dan Reynolds mengatakan mereka akan melakukan karantina mandiri selama 14 hari seusai kembali dari AS.

Langkah ini sesuai dengan aturan Australia yang diberlakukan kepada semua wisatawan internasional untuk mencegah penyebaran virus corona.

Baca juga: Amerika Serikat Disebut Akan di Gulingkan Revolusi Budaya Sayap Kiri

Pembicaraan tahunan ini muncul ketika pemerintahan Presiden Donald Trump, mengambil sikap semakin keras terhadap China tentang berbagai masalah mulai dari pertahanan hingga hak asasi manusia juga perdagangan.

Pekan lalu AS, memerintahkan penutupan konsulat China di Houston dengan tuduhan melakukan spionase. Baru-baru ini Australia mengikuti langkah AS untuk menolak klaim Tiongkok di Laut China Selatan, dan mendukung Pompeo menyerukan penyelidikan internasional tentang asal-usul pandemi Covid-19.

Para kritikus menuduh Trump menyerang China di tahun pemilihan presiden untuk mengalihkan perhatian orang-orang dari responnya dalam menangani virus corona di AS, di mana mereka memiliki korban tewas tertinggi di dunia.(cnn/hm07)

Related Articles

Latest Articles