30.8 C
New York
Saturday, July 6, 2024

Arab dan China Segera Lakukan Latihan Militer Bersama

Xinjiang, MISTAR.ID

Kementerian Pertahanan Nasional (Kemhan) China mengumumkan bahwa negara itu akan mengadakan latihan militer bersama dengan Uni Emirat Arab (UEA) pada Agustus yang akan datang.

Melansir Reuters, Senin (31/7/23) Kementerian Pertahanan China mengatakan latihan militer akan berlangsung di wilayah Xinjiang.

Dalam keterangan resmi Kementerian Pertahanan Nasional China, latihan tersebut diberi nama Falcon Shield-2023 antara angkatan udara kedua negara.

Baca juga: Helikopter Militer Australia Jatuh Saat Latihan Gabungan, 4 Orang Dinyatakan Hilang

“Ini adalah latihan gabungan pertama antara kedua angkatan udara, yang ditujukan untuk memperdalam hubungan dan kerja sama militer, serta meningkatkan saling pengertian dan kepercayaan antara kedua negara,” tulis Kemenhan dalam sebuah pernyataan.

Kementerian Pertahanan Nasional China tidak merinci jumlah personel yang dikerahkan dan jenis senjata yang akan berpartisipasi dalam latihan tersebut.

UEA bukanlah negara pertama di Timur Tengah yang melakukan latihan bersama dengan China. Arab Saudi melakukan operasi serupa pada 2019.

Baca juga: Rusia Gelar Latihan Tembak dengan Peluru Asli di Laut Hitam

Latihan militer China dan Saudi diadakan di pangkalan Angkatan Laut Raja Faisal. Tujuan dari latihan tersebut adalah untuk memperkuat kepercayaan dan kerja sama antara kedua angkatan laut, lapor Arab News.

Selain itu, latihan ini bertujuan untuk bertukar pengalaman di bidang kemiliteran, mengembangkan kemampuan dalam melawan terorisme dan perompakan, serta meningkatkan pelatihan dan kesiapan tempur.

China baru-baru ini berusaha memperluas pengaruhnya, terutama di Timur Tengah. (Mtr/hm21).

Related Articles

Latest Articles