20.5 C
New York
Friday, May 10, 2024

Aktivis Greenpeace Selimuti Rumah PM Inggris dengan Kain Hitam

Yorkshire, MISTAR.ID

Aktivis Greenpeace menutupi rumah pribadi Perdana Menteri (PM) Brother Rishi Sunak dengan kain hitam. Aksi tersebut merupakan bagian dari protes terbaru terhadap kebijakan pemerintah Sunak terkait pengeboran minyak.

Seperti diberitakan Reuters, Jumat (8/4/23), empat aktivis protes menggunakan tangga untuk naik ke atap rumah pribadi Sunak di Yorkshire, Inggris bagian utara, Kamis (3/8/23) waktu setempat.

Para pengunjuk rasa menghabiskan lima jam di rumah pribadi Sunak dalam apa yang disebut mantan perwira polisi senior sebagai “pelanggaran keamanan besar-besaran”.

Baca juga: Gara-gara Typo, Kemenhan Inggris Kirim Email Berisi Informasi Rahasia ke Sekutu Rusia di Afrika

Sunak diketahui sedang berlibur di California, AS, meninggalkan Inggris pada Rabu (2/8/23) waktu setempat. Rekaman yang dirilis Greenpeace Inggris pada Kamis (3/8/23) waktu setempat menunjukkan pengunjuk rasa di atas rumah pribadi Sunak, dengan spanduk bertuliskan “RISHI SUNAK – LABA MINYAK ATAU MASA DEPAN KITA?” dipajang di halaman.

Dalam aksinya, pengunjuk rasa berpendapat bahwa mereka membutuhkan “pemimpin iklim, bukan pembakar iklim”. Para pengunjuk rasa mengatakan mereka menyampaikan pesan langsung ke Sunak, saat dia menandatangani izin eksplorasi minyak dan gas terbaru.

Greenpeace mengatakan juga menentang proposal Equinor untuk mengembangkan ladang minyak Rosebank, yang berada di bawah keputusan investasi akhir.

Related Articles

Latest Articles