22.6 C
New York
Wednesday, June 19, 2024

Airbus Mendarat Selamat, Meski Hidung Pesawat Rusak Diterjang Badai Es

Wina, MISTAR.ID

Pesawat maskapai Austrian Airlines mendarat dengan selamat di Wina, Austria, meski sebagian hidung pesawat terkoyak dan rusak akibat badai es. Jendela depan pesawat penumpang itu juga mengalami retak-retak dalam insiden tersebut.

Dilansir Bloomberg, Selasa (11/6/24) dini hari, insiden terjadi saat pesawat sedang mengudara dari Palma de Mallorca, Spanyol, menuju ke Wina, Australia. Pesawat yang mengalami insiden itu merupakan jenis Airbus SE A320 yang sudah berusia 23 tahun.

Laporan AirLive, yang melacak situasi darurat penerbangan, menyebut pesawat dengan nomor penerbangan OS434 ini terbang menerjang badai es setelah meninggalkan Palma de Mallorca, Minggu (9/6/24) sore, sekitar pukul 15.55 waktu setempat.

Pilot mengumumkan keadaan darurat di udara dan akhirnya mendarat dengan selamat di Wina. Tidak ada penumpang yang luka-luka dalam insiden tersebut.

“Pesawat menghadapi badai saat mendekati Wina, yang menurut para pilot, tidak terlihat di radar cuaca. Hujan es merusak jendela kokpit, hidung pesawat dan beberapa panel,” demikian pernyataan maskapai Austrian Airlines.

Baca Juga : Singapore Airlines Mendarat Darurat di Bangkok Akibat Turbulensi, Seorang Penumpang Tewas

Sejumlah foto yang diposting secara online menunjukkan bagian nose radome, atau cangkang aerodinamis berbentuk kerucut yang menutupi hidung pesawat, terkelupas dan terkoyak cukup parah. Terlihat bagian substruktur pesawat yang terbuka dan bagian hidung pesawat yang tersisa dipenuhi lubang bekas hujan es.

Dua jendela depan yang ada di depan kokpit juga terlihat retak dan mengalami kerusakan parah, namun masih utuh. Beruntung kondisi pesawat rusak seperti itu tidak menghalangi pesawat Austrian Airlines untuk mendarat dengan selama di tujuannya, Wina. (mtr/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles