22.1 C
New York
Monday, April 29, 2024

Afrika Selatan Diserang Wabah Kolera, 10 Tewas dan Ratusan Orang Alami Gejala

Pretoria, MISTAR.ID

Wabah kolera menyerang Afrika Selatan, yang menewaskan sekitar 10 orang warga. Sesuai laporan sekitar 95 orang telah menunjukan gejala kolera dan mereka mengunjungi rumah sakit setempat sejak Senin lalu. Ada 37 orang masih menjalani perawatan intensif.

Departemen Kesehatan di provinsi Gauteng Pretoria, mengatakan berdasarkan hasil tes laboratorium, setidaknya ada 19 kasus kolera telah terkonfirmasi. Untuk itu pemerintah memperingatkan masyarakatnya untuk ekstra waspada.

Para korban yang meninggal dunia akibat kolera termasuk seorang anak berusia tiga tahun dan sembilan orang dewasa. Kepala Departemen Kesehatan provinsi, Nomantu Nkomo-Ralehoko menyebut staf tambahan, termasuk petugas medis dan perawat, dikerahkan untuk menangani wabah kolera.

Baca Juga:Virus Marburg Mewabah di Tanzania, Lima Orang Meninggal

Mereka akan ditempatkan di Hammanskraal, sebuah daerah di utara Pretoria. “Kami ingin mengulangi dan mengimbau masyarakat untuk menghindari makanan, air, dan permukaan yang diketahui atau diduga terkontaminasi, serta mencuci tangan dengan sabun sebelum menangani makanan atau setelah menggunakan kamar mandi,” kata Nkomo-Ralehoko.

Kolera timbul dari bakteri yang umumnya ditularkan melalui makanan atau air yang terkontaminasi. Sebelumnya, Pemerintah Kota Pretoria telah mengimbau penduduk Hammanskraal dan sekitarnya untuk tidak minum dari keran.

Wabah kolera telah meningkat secara global sejak 2021. (antara/hm17).

Related Articles

Latest Articles