22.3 C
New York
Sunday, September 1, 2024

48 Orang Tewas dalam Serangan Israel Jelang Kampanye Vaksinasi Polio

Jakarta, MISTAR.ID

Sebanyak 48 orang tewas saat tentara Israel kembali membombardir Jalur Gaza, Palestina, saat petugas kesehatan tengah mempersiapkan kampanye vaksinasi polio, Sabtu (31/8/24).

Serangan terjadi saat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akan mulai memberikan vaksinasi polio kepada sekitar 640.000 anak di Gaza. Kegiatan vaksinasi mengandalkan jeda delapan jam setiap hari dalam pertempuran antara pasukan Israel dan militan Hamas.

Yousef Abu Al-Reesh, wakil menteri kesehatan Gaza mengatakan, tim vaksinasi akan mencoba menjangkau sebanyak mungkin daerah untuk memastikan cakupan yang luas. Namun, hanya gencatan senjata menyeluruh yang dapat menjamin cukup banyak anak yang dapat dijangkau.

“Jika masyarakat internasional benar-benar menginginkan kampanye ini berhasil, mereka harus menyerukan gencatan senjata, mengetahui bahwa virus ini tidak akan berhenti, dan dapat mencapai mana saja,” katanya melansir Reuters.

Baca Juga : PBB Kehabisan Tempat Aman di Gaza, Kampanye Vaksinasi Polio Terancam

Kampanye ini menghadapi tantangan besar di Gaza, yang sebagian besar telah hancur akibat perang selama hampir 11 bulan.

Saat lebih dari 2.000 pekerja medis dan masyarakat bersiap untuk memulai kampanye, petugas medis di Nuseirat, salah satu dari delapan kamp pengungsi bersejarah di Jalur Gaza, mengatakan serangan Israel yang terpisah menewaskan sedikitnya 19 orang, termasuk sembilan anggota keluarga yang sama.

“Lebih dari 30 orang lainnya tewas dalam serangkaian serangan di wilayah lain di Gaza,” kata petugas medis.

Militer Israel mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka terus beroperasi di Jalur Gaza tengah dan selatan. Dikatakan bahwa pasukan membunuh militan dan membongkar infrastruktur militer di Kota Gaza, sementara mereka menemukan senjata dan membunuh orang-orang bersenjata di Tel Al-Sultan di Rafah barat. (cnn/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles