10.4 C
New York
Sunday, April 28, 2024

4.800 Hektar Hutan Terbakar di California AS, Darurat Panas Diberlakukan

California, MISTAR.ID

Gelombang panas yang melanda California Amerika Serikat mengakibatkan kebakaran hutan hebat di sejumlah wilayah, Sabtu (23/7/22). Petugas mengatakan api menelan sekitar 4.800 hektar dalam 24 jam terakhir.

Kebakaran terpusat di Mariposa County dan telah menghancurkan 10 properti serta lima bangunan lain. Menanggapi kebakaran itu, Gubernur California, Gavin Newsom, mendeklarasikan status darurat di Mariposa County.

“Status darurat diterapkan [karena] kondisi bahaya ekstrem terhadap keselamatan orang dan properti,” kata Newsom, dikutip media.

Baca juga: Italia Diterjang Gelombang Panas, Suhu Mencapai 40 Derajat Celsius

Sementara itu, Pejabat Departemen Kehutanan Perlindungan dan Kebakaran California, Hector Vasquez mengaku telah mengevakuasi 6 ribu orang imbas bencana itu. Per Sabtu malam api masih belum padam. Vasquez juga mengatakan telah mengerahkan pesawat dan 500 pemadam kebakaran untuk memadamkan api.

“Ada personel yang muncul dari berbagai departemen di seluruh negara bagian untuk membantu mengendalikan kebakaran ini,” ujar Vasquez lagi.

Dalam beberapa tahun terakhir, kebakaran hutan kerap menerjang California dan negara bagian lain karena cuaca yang ekstrem dan perubahan iklim. Dikatakannya, kekeringan dan suhu tinggi tak sangat tidak menguntungkan.

Belakangan, sejumlah daerah di AS menghadapi beban suhu ekstrem. Suhu di wilayah seperti Dallas dan Oklahoma City diperkirakan akan mencapai lebih dari 38 derajat celsius setidaknya untuk lima hari ke depan.

Baca juga: Suhu Panas di India-Pakistan Pecahkan Rekor 122 Tahun, Trotoar Meleleh!

“Dari Dataran Selatan ke Timur, akan terasa sangat menekan,” demikian menurut Dinas Cuaca Nasional. Mereka juga memperingatkan kemungkinan badai hebat.

Sementara itu, Direktur Badan Manajemen Darurat di Oklahoma, Area Tusla, Joseph Kralicek, juga buka suara. Menurut dia, suhu panas adalah pembunuh nomor satu terkait cuaca di seluruh Amerika Serikat. Darurat panas juga berlaku di kota Boston, Philadelphia, hingga Washington. Wilayah yang biasanya dingin pun, Pacific Northwest, tak lepas dari panas ekstrem.

Penduduk di wilayah tengah AS memperkirakan suhu mencapai 39 derajat Celsius pada Sabtu dan 41 derajat Celsius pada hari Minggu dan Senin. Ibu kota AS, Washington, diperkirakan akan mencapai atau melampaui 38 derajat Celsius pada hari Minggu untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun. (cnn/hm09)

Related Articles

Latest Articles