17.2 C
New York
Sunday, September 29, 2024

20 Meninggal, 14 Hilang dan Ribuan Orang Dievakuasi di Korsel

Korea Selatan, MISTAR.ID

Akibat hujan deras yang terus berlangsung selama tiga hari menyebabkan tanah longsor dan meluapnya bendungan di Provinsi Chungcheong Utara Korea Selatan. Bencana ini mengakibatkan 20 orang meninggal dunia, 14 orang masih hilang, dan ribuan orang dievakuasi, Sabtu (15/7/23).

Data dari Kementerian Dalam Negeri dan Keselamatan negara setempat, hingga pukul 6 sore waktu setempat, sebanyak 4.763 orang telah dievakuasi.

Angka ini diperkirakan akan terus bertambah mengingat prediksi cuaca memperkirakan hujan deras masih akan terjadi di Semenanjung Korea hari ini, Minggu (16/7/23).

Baca juga: Jepang Akan Buang limbah Fukushima, Ratusan Orang Korsel demo IAEA

Korea Railroad Corp telah menghentikan semua kereta lokal dan beberapa kereta cepat. Operasional kereta dihentikan karena Jumat malam lalu, (14/7/23), sebuah kereta api tergelincir ketika terjadi tanah longsor di provinsi Chungcheong Utara.

“Akibatnya, masinis mengalami luka-luka. Tidak ada penumpang di dalam kereta tersebut,” kata Perdana Menteri Han Duck-soo, Sabtu (15/7/23).

Perdana Menteri Han Duck-soo meminta keterlibatan militer dalam upaya penyelamatan.

Baca juga: Kapal Selam Terbesar di Dunia Berlabuh di Korsel

“Militer bisa bekerja sama dengan pejabat pemerintah untuk mobilisasi peralatan dan tenaga,” tambah Han Duck-soo. (mtr/hm20)

Related Articles

Latest Articles