10.1 C
New York
Sunday, May 5, 2024

20 Jet Tempur China Terdeteksi Manuver di Selat Taiwan

Taiwan, MISTAR.ID

Pemerintah Taipei menyebut China mengirimkan 20 jet tempur untuk terbang mengelilingi Taiwan. Sebagian besar pesawat militer Tiongkok telah terbang melalui Selat Taiwan.

Dilaporkan AFP, Minggu (17/9/23), Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan menyebutkan 20 jet tempur Tiongkok terlihat sejak Minggu pagi melewati jalur air yang memisahkan Taiwan dari daratan Tiongkok. Selain itu, jet tempur Tiongkok disebut telah memasuki zona identifikasi pertahanan udara di tenggara dan barat daya pulau tersebut.

Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan mengatakan Tiongkok sedang melaksanakan tugas-tugas seperti latihan dan pelatihan jarak jauh. Pihaknya memantau situasi dengan pesawat dan kapal patroli.

Baca juga: Pertama Kalinya, AS Setuju Jual Senjata dan Peralatan Militer ke Taiwan

Sementara itu, Taiwan yang demokratis dianggap oleh Tiongkok sebagai wilayahnya dan suatu saat akan diduduki, meski harus dilakukan dengan kekerasan. Tiongkok telah meningkatkan tekanan militer dan diplomatik terhadap pulau tersebut dalam beberapa tahun terakhir seiring memburuknya hubungan kedua negara.

Pekan lalu, Taipei melaporkan peningkatan serangan oleh pesawat tempur dan kapal Tiongkok, setelah Beijing mengatakan pasukannya dalam “siaga tinggi” setelah dua kapal AS dan Kanada melewati Selat Taiwan bulan ini.

Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan menyebutkan 68 pesawat Tiongkok dan 10 kapal militer terdeteksi di sekitar pulau itu sejak Rabu pagi (13/9/23) hingga Kamis pagi (14/9/23). Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan juga mengatakan sejumlah pesawat dan kapal perang sedang menuju ke wilayah yang tidak ditentukan di Pasifik Barat untuk “melakukan pelatihan bersama di laut dan di udara” dengan kapal induk Shandong Tiongkok. Quoc.

Baca juga: Beijing Kutuk Kunjungan Wapres Taiwan ke Amerika Serikat

Shandong, salah satu dari dua kapal induk aktif di armada Tiongkok, terlihat pada hari Senin sekitar 60 mil laut (110 km) tenggara Taiwan, menghadap Pasifik barat, kata pihak berwenang di Taipei. Tiongkok belum memberikan komentar resmi mengenai latihan di Pasifik Barat.

Pada bulan April, Beijing melakukan latihan militer yang mensimulasikan pengepungan pulau tersebut. Setelah Presiden Taiwan Tsai Ing-wen bertemu dengan Ketua DPR AS Kevin McCarthy di California. Saat itu, Taiwan mendeteksi 71 pesawat tempur Tiongkok dalam kurun waktu 24 jam. Menyamai rekor harian yang dicapai pada Desember 2022. (Mtr/hm21).

Related Articles

Latest Articles