18.9 C
New York
Thursday, April 25, 2024

Viral! Casis TNI AL Asal Nias Diduga Dibunuh, Keluarganya Ditipu Ratusan Juta Rupiah

Nias, MISTAR.ID

Belum lama ini warga Kepulauan Nias, Sumatera Utara, dihebohkan dengan cerita duka yang dialami oleh salah seorang Calon Siswa (Casis) TNI Angkatan Laut (AL), bernama Iwan Sutrisman Telaumbanua. Korban diduga dibunuh oleh oknum TNI aktif.

Dari informasi yang dihimpun, korban merupakan warga Desa Lahusa Idano Tae, Kecamatan Gomo, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara.

Dugaan pembunuhan berencana dan penipuan itupun kini viral di media sosial Facebook. Hingga Sabtu (30/3/24) pagi, postingan kejadian tragis itu di media sosial sudah dibagikan ratusan kali.

Dilihat Mistar.id, Sabtu (30/3/24), dari postingan akun Facebook Tataa Angelin menceritakan kejadian tragis yang berawal pada tahun 2022 lalu.

Saat itu, Iwan Sutrisman Telaumbanua bersama dengan Antonius Paiman Telaumbanua mendaftar sebagai calon bintara TNI AL di Lanal Nias, Sumatera Utara.

Sebelum mendaftarkan diri, keduanya lebih dulu menjumpai Serda Adan yang sebelumnya sudah saling kenal.

Baca juga: Mobil Taft Tabrak Truk Berhenti di Jembatan Layang Medan Amplas, Tiga Orang Luka-luka

Kepada oknum bintara tersebut, Iwan dan Antonius meminta bantuan agar bisa diurus masuk TNI. Adan kemudian menyatakan kesediannya untuk membantu dengan jaminan uang sebesar Rp200 juta.

Pada saat mengikuti seleksi bintara TNI AL Gelombang II tahun 2022, Iwan Sutrisman Telaumbanua dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Mengetahui itu, Adan menyarankan Iwan agar mengikuti tes di Padang.

Pada tanggal 16 Desember 2022, Adan mendatangi kediaman keluarga Iwan di Desa Lahusa Idano Tae, Kecamatan Gomo, Kabupaten Nias Selatan. Dia kemudian meminta korban Iwan Sutrisman Telaumbanua untuk dibawa ke Padang guna mengikuti seleksi Anggota TNI AL di sana.

Serda Adan juga menyampaikan kepada pihak keluarga, di Padang nantinya korban dibantu oleh Pamannya yang bertugas di Lantamal II Padang. Dengan bujuk rayu Adan, pihak keluarga pun menyetujui dan memberangkatkan Iwan dari Pelabuhan Gunung Sitoli.

Berselang empat hari setelah di Padang, tepatnya tanggal 22 Desember 2022, Adan mengirimkan foto Iwan yang mengenakan pakaian dinas militer lengkap kepada keluarganya.

Related Articles

Latest Articles