12.8 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

Tiga Pelajar Spesialis Pencuri Ternak di Parmonangan Ditangkap

Taput, MISTAR.ID

Tak dapat batang akar pun jadi, tak dapat daun ranting pun jadi. Inilah prinsip tiga orang tersangka yang berhasil dibekuk anggota Satreskrim Polsek Parmonangan Polres Taput, Selasa (2/2/21) sekira pukul 00.30 WIB.

Tiga tersangka spesialis pencuri hewan ternak yang berhasil dibekuk yaitu, DL (19) pelajar kelas III SMK warga Dusun I Desa Pagar Batu Kecamatan Sipoholon Taput, LH (15) pelajar kelas I SMP warga Dusun II Desa Pagar Batu Kecamatan Sipoholon Taput, dan HM (16) pelajar kelas 1 SMK warga Desa Lobu Sunut Kecamatan Parmonangan Taput.

Penangkapan ketiga tersangka tersebut dibenarkan Kasubbag Humas Aiptu W Baringbing mewakili Kapolres Taput AKBP Muhammad Saleh. Ketiga tersangka saat beraksi melakukan pencurian kerbau milik korban Nassi Manalu (57), yang merupakan warga Desa Lobu Sunut Kecamatan Parmonangan Taput.

Tersangka tertangkap setelah menarik kerbau milik korban yang terikat di depan rumah. Dimana, ketiga tersangka tersebut telah melepas tali ikatan ternak dan menarik sejauh tiga meter dan hendak membawanya ke tempat yang aman.

Baca Juga:Dua Tersangka Pencuri Biri-Biri Masuk Sel

Akan tetapi, disaat hendak membawa kerbau curian itu, tiba-tiba tetangga korban Rismauli Br Purba terbangun dan mendengar aksi ketiga tersangka. Rismauli pun membuka pintu dan langsung berteriak, “Panakko horbo (pencuri kerbau)”.

Warga dan pemilik ternak pun langsung terbangun dan mengepung tersangka, sehingga tersangka DL dan LH pun berhasil diamankan, sedangkan HM berhasil lolos dan melarikan diri.

Disaat kedua tersangka berhasil diamankan, anggota Bhabinkamtibmas Polsek pun segera tiba di TKP dan langsung komunikasi dengan Polsek, dan malam itu juga kedua tersangka diamankan di Polsek.

Baca Juga:Pencurian Kucing Himalaya Diringkus

Dari hasil pemeriksaan Satreskrim Polsek, kedua tersangka mengakui perbuatannya. Dimana mereka bertiga sudah berencana melakukan pencurian ternak, namun tidak tertuju sasaran hewan ternak jenis apa, yang pasti tujuannya kalau ternak babi yang ada itu dicuri, anjing yang ada itu juga bisa, atau kerbau dan sapi yang ada itu pun akan disikat.

Ketiga tersangka tersebut telah terbiasa melakukan pencurian ternak babi, anjing dan ayam. Akan tetapi saat beraksi pada malam itu, tersangka melihat satu ekor kerbau yang letaknya strategis untuk disikat, sehingga mereka pun berusaha untuk mengambilnya.

Sebelum tersangka beraksi pada malam kejadian, ketiga tersangka sudah merental mobil Avanza siang harinya untuk operasional pada malam hari.

Dan dengan kerja keras anggota Satreskrim Polsek, akhirnya, Kamis (4/2/21) pagi, tersangka HM berhasil dibekuk dari tempat persembunyiannya. HM yang masih baru ditangkap masih dalam proses pemeriksaan, sementara kedua tersangka berinisial DL dan LH telah ditahan.(dedy/hm10)

Related Articles

Latest Articles