23.4 C
New York
Monday, April 29, 2024

Tiga Anggota Komplotan Pencuri Uang BLT-DD Rp77 Juta Diringkus

Sidikalang,MISTAR.ID

Sat Reskrim Polres Dairi bersama team subdit III Jatanras Polda Sumut berhasil meringkus 3 orang dari 5 orang komplotan pelaku pencurian uang sebanyak Rp77.400.000, Senin (17/7/22). Ketiganya adalah LP warga Marendal Medan, AHS warga Tembung Deli Serdang dan HP warga Pematang Siantar

Sebelumnya komplotan pencuri tersebut menggasak uang dari dalam laci dasbord mobil pribadi milik oknum Kepala Desa Tualang Kecamatan Siempat Nempu Hulu Kabupaten Dairi berinisial LP warga Marendal Medan, AHS warga Tembung Deli Serdang dan HP warga Peamatang Siantar

Tiga orang pelaku diringkus saat melintas di Jalan Lintas Sumatera Tebing Tinggi- Siantar oleh team Sat Reskrim Polres Dairi bersama Subdit III Jahtanras Poldasu, Kamis (14/7/22) kemarin.

Baca juga:75 KK Warga Desa Pabatu I Terima BLT DD

Hal itu dibenarkan Kapolres Dairi AKBP Wahyudi Rahman didampingi Kasat Reskrim AKP Rismanto J Purba, KBO Iptu Sumitro Manurung, Kanit Resum Ipda P Lumban Toruan dan Kasie Humas Iptu Doni Saleh saat menggelar press release hasil pengungkapan sejumlah kasus berlangsung di ruang gelar perkara Sat Reskrim Polres Dairi, Senin (18/7/22)

Kronologis penangkapan dibeberkan Kapolres Dairi AKBP Wahyudi Rahman. Setelah dilakukan pengejaran tepatnya di jalan lintas SumateraTtebing Tinggi – Siantar, tim melaksanakan penyekatan kemudian berhasil mengamankan para pelaku yang pada saat itu sedang mengendarai 1 ( satu ) unit mobil.

Saat dilakukan interogasi ke tiga orang tersebut menerangkan bahwasanya mereka mencuri dengan cara mencongkel pintu mobil. Saat itu dilakukan di Jalan Tembakau Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi pada Rabu (29/6/22) sekitar pukul 12.30 siang .

Tiga orang pelaku itu diamankan bersama barang bukti 1 ( satu ) unit mobil merk Daihatsu xenia warna putih dengan nopol BK 1847 HT, dua buah plat nomor polisi palsu , satu buah kunci leter T. Saat diintrogasi para pelaku mengakui perbutannya.

Sebelumnya kasus pencurian uang Rp77.400.000 dilaporkan korban Kepala Desa Tualang Japetri Sianturi. Pencurian terjadi di Jalan Tembakau Sidikalang saat berada di depan rumah makan Khas Batak partukkoan. Kepala Desa Tualang saat itu sedang mengambil uang di Bank Sumut cabang Dairi. Kemudian hendak pulang para pelaku mengikuti korban dengan menggunakan sepeda motor dan pelaku lainnya mengikuti dengan menggunakan mobil.

Baca juga:Bupati Samosir Monitoring Penyaluran BLT DD

Pada saat korban Japetri Sianturi hendak makan ke warung khas batak partukkoan, pelaku yang naik sepeda motor melihat bahwa korban meninggalkan uangnya di mobil. Sehingga saat itu pelaku yang naik sepeda motor kemudian menelpon pelaku yang naik mobil dan setelah itu salah satu pelaku turun dari dalam mobil dan mendekati mobil milik korban.

Kepala Desa Tualang Japetri Sianturi yang dihubungi mistar lewat selulernya Senin(18/7/22) menyebutkan dan membenarkan kalau uang Rp77.400.000 merupakan uang BLT-DD tahap II Desa Tualang T.A 2022. (manru/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles