6.9 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Terpidana Mati Kasus Narkoba Asal China Kabur, Lima Petugas Lapas Dinonaktifkan

Jakarta, MISTAR.ID

Kabag Humas Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM, Rika Aprianti mengaku telah menonaktifkan lima petugas dari jabatannya. Penonaktifan Itu karena kaburnya terpidana mati kasus narkoba asal China, Cai Chang Pan alias Cai Ji Fan dari Lapas Klas I Tangerang.

Demikian hal itu disampaikan Kabag Humas dan Protokol Ditjen PAS, Rika Aprianti, Sabtu (3/10/20). “Yang dinonaktifkan kepala pengamanan lapas Tangerang, dua komandan jaga dan dua anggota jaga,” kata Rika.

Rika menegaskan sampai saat ini belum bisa dipastikan apakah kelima orang itu ikut terlibat dalam aksi pelarian Cai. Ia menyebut kelima orang itu dinonaktifkan dari jabatannya hanya untuk kepentingan proses pemeriksaan.

“Itu untuk kepentingan pemeriksaan, bukan berarti yang bersangkutan itu terlibat. Itu kan masih dalam proses pemeriksaan,” ujarnya.

Baca juga: Kabaharkam Polri Perkenalkan Helm Smart KC Wearable di Poldasu

Sebelumnya, Cai Chang Pan berhasil kabur dari Lapas Klas I Tangerang, Banten. Dari hasil gelar perkara awal, dua sipir diduga terindikasi membantu pelarian Cai. Keduanya, disebut membantu Cai membelikan pompa air untuk menggali lubang dan mendapat imbalan Rp100 ribu.

“Ada indikasi sementara ini dua pegawai sipir ini melakukan kelalaian yang bisa dikenakan Pasal 426 KUHP,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, Jumat (2/10/20).

Kini tim gabungan masih mengejar keberadaan Cai. Fokus pencarian dilakukan di sekitar wilayah Hutan Tenjo, Bogor. Cai sendiri diketahui memiliki kemampuan survival atau bertahan hidup di alam liar karena pernah ikut latihan kemiliteran di China.(cnn/hm07)

Related Articles

Latest Articles