13.2 C
New York
Thursday, May 2, 2024

Tapanuli Utara Kekurangan Cartridge

Taput, MISTAR.ID

Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan mengeluhkan kurangnya cartridge untuk memeriksa pasien terkait virus corona (Covid-19) di daerahnya.

Cartridge merupakan salah satu komponen dalam mesin TB-TCM yang berperan melacak keberadaan antigen virus corona dalam cairan spesimen.

Keluhan itu ia sampaikan dalam Webinar Bertema Politik Kesehatan Berdikari yang juga diikuti Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Selasa (30/6/20).

“Kami mohon kiranya TCM kita, saya sudah surati Pak Menteri juga soal kekurangan, karena sekarang, sisa 39, kalau bisa cartridge ditambah lagi ke kami pak, agar kiranya kami bisa melayani sesuai surat Kemenkes,” kata dia.

Baca Juga:Bupati Taput Perintahkan Seluruh ASN Terapkan PHBS

Selain itu, ia mengusulkan kepada Terawan agar dalam penyajian data pasien terkait Covid-19 tidak berbasis data di KTP. Cara itu menurutnya justru menyulitkan proses tracing.

“Kalau bisa ada sinergitas data. Kalaupun memang berdasarkan KTP di suatu daerah, tapi dimana dia tertular positif, di situ dicantumkan nama si pasien,” kata dia.

Masukan lain adalah meminta Terawan menentukan rumah sakit di daerah-daerah yang setidaknya mampu menangani pasien dari minimal 3 Kabupaten/Kota. Rumah sakit itu, kata dia, juga harus dilengkapi dengan peralatan yang memadai

“Ketika terjadi ledakan, semua bisa di tracing dan dilakukan langsung perawatan,” kata dia.

Menanggapi keluhan kurangnya Cartridge di Tapanuli Utara itu, Terawan mengatakan akan langsung menindaklanjutinya.

“Kalau begitu bisa menjadi prioritas. Mohon nanti contact person untuk bisa dikirimkan,” kata dia.(cnnindonesia/hm01)

Related Articles

Latest Articles