15.2 C
New York
Saturday, May 18, 2024

Tanggul Sepanjang 100 Meter Jebol, 42 Kampung di Aceh Tamiang Terendam Banjir

Aceh, MISTAR.ID

Tanggul sepanjang 100 meter jebol dihantam banjir di Aceh Tamiang, Selasa (26/12/23). Sedikitnya 42 Kampung terendam akibat kerusakan tersebut.

Data yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tamiang, kerusakan di hari kedua banjir ini telah menyebabkan tanggul di Rantaupakam Keacamatan Bendahara rusak parah.

Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tamiang, Asra menyebut kerusakan tanggul yang jebol itu diperkirakan mencapai 100 meter. Sehingga dampak kerusakan ini mengakibatkan akses ke sejumlah kampung di wilayah hilir, khususnya Seruway putus total.

Baca juga : Jalan Penghubung Tigaras-Haranggaol Putus Akibat Air Bah, BPBD Simalungun: Tanggul Warga Jebol

“Tanggul yang dibangun secara manual itu sudah jebol, sedangkan tanggul beton ternyata lebih rendah dari debit air. Ini yang membuat luapan air merendam pemukiman warga,” jelas Asra.

Ia bersama sejumlah SKPK sejak kemarin terus memantau langsung kondisi banjir dengan mendatangi sejumlah lokasi yang terdampak parah.

Pihaknya juga telah mengerahkan alat berat untuk meninggikan tanggul yang jebol. Salah satu titik tanggul darurat yang dibangun berada di Kampung Muka Sungaikuruk, Seruway.

Related Articles

Latest Articles