22.1 C
New York
Monday, April 29, 2024

RS Salak Bogor Terbakar, Obat-obatan Habis Dilalap Api

Bogor, MISTAR.ID

Kebakaran terjadi di Gedung Detasemen Kesehatan Wilayah Bogor di kompleks Rumah Sakit Salak Bogor, Jumat (7/4/23) siang. Saksi mata di lokasi mengatakan api mulai membakar gedung tersebut pukul 13.15 WIB. Gedung yang bersebelahan dengan Farmasi dan Instalasi Gawat Darurat (IGD) itu terlihat telah hangus seluruhnya dilalap api.

“Pasien-pasien sudah dievakuasi. Jalanan sudah ditutup. Damkar baru saja sampai,” ujar salah satu warga yang berada di lokasi, Mutia kepada media.

Pantauan media, terlihat pasien maupun warga yang berada di lokasi komplek rumah sakit mulai berhamburan keluar untuk menyelamatkan diri. RS Salak berada di Jalan Jenderal Sudirman, Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat. Lokasi rumah sakit juga berada di seberang Istana Bogor. Belum ada keterangan dari RS Salak ataupun dari petugas pemadam kebakaran soal insiden ini.

Baca juga: Proses Identifikasi, RS Polri Sudah Terima 15 Kantong Jenazah Korban Kebakaran Depo Plumpang

Petugas pemadam kebakaran berhasil memadamkan api yang membakar Gedung Detasemen Kesehatan Wilayah Bogor di kompleks Rumah Sakit Salak Bogor. Api berhasil dikendalikan sekitar pukul 15.00 WIB.

“Api sudah padam, dua jam kurang berhasil dipadamkan, saat ini pendinginan,” ungkap Wali Kota Bogor Bima Arya saat di lokasi, Jumat (7/4/23).

Sebelumnya, Bima menyebutkan stok obat untuk pasien di rumah sakit aman. Kebakaran tersebut juga telah menghanguskan ruang farmasi rumah sakit. “Saya perintahkan Dinkes memback-up stok obat untuk pasien di rumah sakit karena obat-obatan habis terbakar,” ujar Bima.

Sebelumnya, kebakaran yang terjadi di Rumah Sakit Salak Bogor diduga berasal dari korsleting listrik. “Dugaan sementara dari korsleting listrik,” kata Bima. Dia mengatakan sebanyak 14 unit damkar diterjunkan ke lokasi. Sementara gedung yang terbakar merupakan ruang pelayanan, medical check-up dan administrasi. “Saat ini belum ada laporan korban jiwa, saat ini sudah terkendali,” ujarnya.

Baca juga: Wali Kota Siantar Kunjungi Korban Kebakaran di Rumah Sakit, Bantuan Dinsos Menyusul

Titik api diduga berasal dari Gedung Detasemen Kesehatan yang lama kosong. Saksi mata di lokasi mengatakan api mulai membakar gedung tersebut pukul 13.15 WIB. Gedung yang bersebelahan dengan farmasi dan Instalasi Gawat Darurat itu terlihat telah hangus seluruhnya dilalap api.

Arus Lalu Lintas di sekitar Rumah Sakit Salak Bogor ditutup imbas kebakaran. Petugas Dinas Perhubungan yang berada di lokasi mengatakan arus lalu lintas dari arah Istana Bogor di alihkan ke Lapangan Sempur. Tak bisa melewati arah menuju Air Mancur. “Yang dari arah Istana Bogor, semua dibuang ke arah Sempur. Arah Air Mancur itu diputer-balikin lagi. Jalannya ditutup,” ujarnya. (cnn/hm09)

Related Articles

Latest Articles