12.8 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

Polrestabes Medan Siap Jalankan Ujian Praktik SIM C Gunakan Pola Huruf S

Medan, MISTAR.ID

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda memastikan pihaknya siap menjalankan peraturan baru, setelah praktik angka 8 dan zig-zag dihapuskan dalam penerbitan surat izin mengemudi (SIM) C.

“Sedang dipersiapkan segala sesuatunya,” ujar Valentino dikonfirmasi via WhatsApp, Minggu (6/8/2023).

Mantan Dirlantas Polda Sumut itu mengatakan, pihaknya tengah mempersiapkan lintasan dari yang lama berbentuk angka 8 dan zig-zag, menjadi huruf S.

“Pembuatannya sedang diproses. Mudah-mudahan bisa segera kita laksanakan,” katanya.

Baca Juga: Polda Sumut akan Berlakukan Pembuatan SIM Lewat Scan Wajah

Ia juga mengungkapkan belum bisa memastikan kapan praktek baru itu dijalankan dan karena itu kebijakan nasional, pihaknya juga masih menunggu petunjuk dari Direktorat.

Termasuk menyiapkan petugas untuk memulai penerapan atas kebijakan Korlantas Polri tersebut.

“Lokasi prakteknya sudah kita siapkan. Petugas juga kita beri pemahaman agar bisa sesegera mungkin menjalankan keterampilan ujian praktek baru tersebut,” pungkasnya.

Diketahui Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri resmi mengubah materi ujian praktik SIM C untuk sepedamotor berupa angka 8 dan zig-zag menjadi huruf S. Kebijakan baru itu mulai diberlakukan sejak, Jumat (4/8/2023).

Baca Juga: Korlantas Resmi Mengubah Sirkuit Uji Praktik SIM, Lebih Relevan Dengan Kondisi Berkendara

Kebijakan ini merupakan tindak lanjut dari perintah Kapolri Jenderal Sigit Prabowo beberapa waktu lalu. Adapun materi praktek ujian SIM C ini diubah untuk memudahkan masyarakat. Sebab, materi sebelumnya dianggap menyulitkan pemohon SIM C.

Berikut perubahan materi ujian praktik SIM C :

1. Perubahan lintasan menjadi sebuah sirkuit yang mengakomodir 4 materi ujian praktik dengan ukuran yang sudah diperlebar dan tanpa materi zig-zag test atau slalom test

2. Uji membentuk angka 8 digantikan dengan uji membentuk huruf S

3. Untuk ukuran lebar lintasan diperlebar dari ukuran lama 1,5 kali lebar kendaraan menjadi 2,5 kali lebar kendaraan. (ial/hm22)

Related Articles

Latest Articles