32.8 C
New York
Friday, June 21, 2024

Polres Labusel Gulung Sindikat Pencurian Dump Truk Antar Provinsi

Labusel, MISTAR.ID

Satreskrim Polres Labusel meringkus tiga pelaku sindikat pencurian dump truk antar provinsi. Tiga pelaku yang diamankan yakni B alias Bembeng (45) dan M alias Linggis (48), keduanya merupakan warga Riau. Dua lainnya yakni S alias Adi (54) warga Riau dan HF alias Heri (37) warga Sumatera Barat (Sumbar).

Kapolres Labusel AKBP Maringan Simanjuntak, melalui Kasat Reskrim AKP Gurbacov mengatakan, penangkapan itu menindaklanjuti dua laporan polisi (LP) yang masuk pada 4 Juni 2024.

“Laporan itu kita respon dengan melakukan olah TKP dan memeriksa saksi yang ada, serta melakukan penyelidikan terhadap 1 unit dump truk BK 8176 YT milik korban yang hilang,” ujarnya, Senin (10/6/24).

Dari serangkaian penyelidikan, petugas berhasil mengamankan empat orang tersangka. Pencurian, kata Gurbacov, terjadi di Jalan Dusun Aek Batu Timur, Desa Asam Jawa, Kecamatan Torgamba, Sabtu (18/5/24) dan Dusun Bakti, Desa Asam Jawa, Kecamatan Torgamba pada 4 Juni 2024.

“Tersangka B dan M bertugas sebagai pemetik atau yang mengambil unit kendaraan. Sedangkan S dan HF turut membantu dan menadah dump truk hasil curian tersebut,” ucapnya.

Baca Juga : Polres Labusel Beberkan Kronologi Penangkapan Terduga Pengedar Sabu dan Hasil Autopsi

Gurbacov mengatakan, para pelaku merupakan sindikat pencurian dump truk antar provinsi yang meliputi Sumatera Utara, Riau dan Sumatera Barat.

“Tersangka B dan M juga mengaku pada 18 Mei 2024 mencuri dump truk di Aek Nabara, Kecamatan Bilah Hulu, Kabupaten Labuhanbatu, lalu menjualnya ke Sumbar melalui perantara S,” jelasnya.

Pada 5 Juni 2024 tersangka S ditangkap di Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau, dua hari kemudian tersangka H pun ditangkap di Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat.

“Dump truk milik korban ditemukan di Kabupaten Sijunjung,” ungkap mantan Kasat Reskrim Polresta Cilacap tersebut.

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles