10 C
New York
Friday, May 10, 2024

Polda Sumut Tingkatkan Patroli Dini Hari Saat Ramadhan

Medan, MISTAR.ID

Polda Sumut mengoptimalkam penjagaan, pengamanan dan patroli dini hari untuk menciptakan keamanan dan ketertibaan masyarakat selama bulan suci Ramadhan 1443 H, Minggu (3/4/22).

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi mengatakan patroli dini hari selama bulan Ramadhan tersebut dilaksanakan oleh Brimob, Dit Sampata dan seluruh Polres jajaran. “Polda Sumut meningkatkan pengamanan dan penjagaan serta patroli di seluruh wilayah untuk antisipasi kerawanan-kerawanan di bulan suci Ramadhan, patroli gabungan ini sesuai instruksi Kapolda Sumut untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyaramat dalam aktivitas Di bulan Ramadhan,” ucap Hadi, Senin (4/4/22).

Berdasarkan pengalaman bulan Ramadhan lalu, sambung dia, tiap tahun kerap terjadi balapan liar, tawuran dan bahkan asmara subuh yang dilakukan kelompok muda-mudi. Kemudian, masyarakat kumpul-kumpul saat malam, dini hari hingga menjelang subuh atau setelah jam sahur. “Hal seperti ini yang dapat mengganggu masyarakat harus dapat kita tertibkan,” terangnya.

Baca juga: Sambut Paskah dan Ramadhan, Kapoldasu dan Pangdam Patroli Bersama

Hadi juga menambahkan, aktifitas masyarakat khususnya anak remaja dapat berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas seperti tawuran atau potensi tindak kejahatan lain sehingga perlu dilakukannya langkah-langkah antisipasi. “Patroli yang ditingkatkan dilakukan secara berkala setiap harinya baik di saat menjelang buka puasa, saat sholat Tarawih maupun dini hari menjelang sahur dan sesudah sahur,” ujarnya.

Patroli dini hari itu dipimpin langsung oleh Wadir Samapta Polda Sumut AKBP Benny Hutajulu. Tim patroli yang dibentuk terdiri dari 60 personel. “Personel tersebut berorientasi pada tindakan preemtif dan preventif mengantisipasi adanya tindak kriminalitas, termasuk turut serta melakukan sosialisasi kepatuhan protokol kesehatan berkoordinasi dengan tokoh masyarakat setempat,” kata dia.

Selain mengantisipasi kejahatan jalanan, tim juga melakukan penindakan terkait kepatuhan protokol kesehatan. Pasalnya, kata dia, saat ini Sumatera Utara masih dilanda pandemi Covid-19. “Pandemi Covid-19 kan belum berakhir, jadi selain patroli kita juga terus lakukan penindakan terkait kepatuhan protokol kesehatan. Hal ini udah menjadi komitmen kami menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat,” katanya. (saut/hm09)

Related Articles

Latest Articles