12.5 C
New York
Sunday, May 5, 2024

Penghuni Kerangkeng Dodi Tewas Karena Pendarahan Rongga Tengkorak

Medan, MISTAR.ID

Penyidik Direktorat Reskrimum Polda Sumut telah melakukan pembongkaran kuburan (ekshumasi) makam Dodi Santosa yang diduga tewas saat menjadi penghuni kerangkeng milik Terbit Rencana Peranginangin.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi mengatakan, Tim Forensik Rumah Sakit Bhayangkara Polda Sumut yang melakukan otopsi terhadap jenazah Dodi menemukan penyebab meninggalnya penghuni kerangkeng tersebut. “Dari hasil otopsi yang dilakukan bahwa penyebab meninggalnya Dodi karena diduga mengalami pendaharan pada rongga tengkorak kepala atas kanan,” katanya, Jumat (15/4/22).

Menurutnya, pendarahan itu karena adanya rudapaksa terhadap korban yang mengakibatkan jaringan otak kanan berwarna merah kecoklatan yang diduga merupakan darah. “Temuan ini nantinya akan menjadi bukti tambahan bagi penyidik untuk mendalami kasus dugaan meninggalnya penghuni kerangkeng tersebut,” kata dia.

Baca Juga:Polda Sumut Bongkar Kuburan Korban Kerangkeng Bupati Langkat Nonaktif di Salapian

Diketahui, Direktorat Reskrimum Polda Sumut terus berkomitmen dalam menuntaskan kasus penghuni kerangkeng milik Bupati Langkat nonaktif Terbit Rencana Peranginangin. Komitmen itu dibuktikan penyidik dengan melakukan kembali pembongkaran kuburan (ekshumasi) atas nama Dodi di TPU Dusun Seribu Jadi B, Desa Lau Lugur, Kecamatan Salapian, Kabupaten Langkat, Kamis (14/4/22).

Pelaksanaan ekshumasi itu melibatkan Tim Forensik RS Bhayangkara Polda Sumut dan dipimpin langsung Direktur Reskrimum Polda Sumut Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja, Direktur Res Narkoba Polda Sumut, Kombes Pol Wisnu Adji, didampingi Kasubdit III Jatanras Kompol Bayu Putra Samara.

Kombes Hadi Wahyudi menyebutkan, Dodi merupakan korban penghuni kerangkeng yang meninggal dunia sekira tahun 2018. Korban ditemukan hasil sinkronisasi antara Polda Sumut, Komnas HAM dan LPSK. “Dengan demikian sudah ada 3 orang korban dugaan penganiayaan di kerangkeng yang sudah diekshumasi,” sebutnya.

Baca Juga:Kerangkeng Bupati Langkat Nonaktif, Polda Sumut Kembali Temukan Korban Tewas

Hadi menuturkan, pertama kali ekshumasi dilakukan pada Sabtu (12/2/22) di TPU Pondok VII, Kelurahan Sawit Sebrang dan Tempat Pemakaman Keluarga Dusun Suka Jahe, Desa Purwobinangun, Kecamatan Sei Bingei, Langkat dengan korban SG dan ASI. “Dalam kasus ini, ada 3 korban meninggal dunia yang sudah dirilis Polda Sumut bersama Komnas HAM dan LPSK. SG dan ASI yang makamnya diekshumasi. Terakhir DD, merupakan temuan korban hasil sinkronisasi Polda Sumut, Komnas HAM dan LPSK,” katanya.(saut/hm15)

Related Articles

Latest Articles