13.7 C
New York
Saturday, May 11, 2024

Tanah Longsor Timbun Warga di Wonosobo Jawa Tengah, 1 Tewas, 2 Luka

Jakarta, MISTAR.ID

Bencana tanah longsor yang terjadi di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah pada Jumat (28/4/23) sekitar pukul 18.20 WIB menimbun satu orang pengendara motor warga desa setempat hingga meninggal dunia. Selain itu, sebanyak 2 warga lainnya mengalami luka ringan.

Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonosobo menyebut pengendara motor korban meninggal merupakan warga dari Desa Derongisor, Kecamatan Mojo Tengah. Menurut personel Pusdalops BPBD Sabarno, korban berhasil dievakuasi petugas gabungan pasca kejadian.

“Korban langsung dievakuasi saat itu juga setelah terjadi longsor,” ujar Sabarno dalam keterangan tertulis, Minggu (30/4/23).

Baca juga: Sejumlah Ruas Jalan di Dairi Tertimbun Tanah Longsor

Bencana longsor diketahui terjadi saat hujan intensitas tinggi mengguyur wilayah tersebut. Tanah longsor ini juga merusak dua rumah warga hingga rusak berat. Tercatat sebanyak 2 KK atau 6 jiwa terdampak dan mengungsi ke tempat kerabat. “Dua KK mengungsi ke rumah kerabat karena rumahnya rusak berat,” tutur Sabarno.

Pasca kejadian, BPBD setempat bersama instansi terkait melakukan penanganan darurat, khususnya evakuasi dan memastikan warga yang rumahnya rusak berat tertangani dengan baik. Pemerintah daerah setempat juga mengerahkan alat berat untuk membantu membersihkan jalan kabupaten yang tertutup material longsor.

Lebih lanjut, menurut kajian dari Badan Geologi, Kecamatan Mojo Tengah memang termasuk wilayah dengan potensi gerakan tanah dengan kategori menengah hingga tinggi.  Pada analisis inaRISK, kecamatan ini termasuk 15 kecamatan di Kabupaten Wonosobo dengan potensi bahaya tanah longsor dengan kategori sedang hingga tinggi.

Baca juga: Waspadai Hujan Berpotensi Longsor dan Banjir di Lereng Barat dan Pegunungan Sumut

Maka dari itu, BNPB mengimbau pemerintah daerah dan warga selalu waspada terhadap potensi bahaya bencana hidrometeorologi basah, seperti banjir, tanah longsor maupun angin kencang. Masyarakat yang berada di sekitar tebing perlu meningkatkan kewaspadaan khususnya apabila terjadi hujan lebat yang berdurasi lama. (cnn/hm09)

Related Articles

Latest Articles