31.8 C
New York
Monday, June 24, 2024

Larang Truk Tanah Melintas, Rumah Warga di Galang Dibakar OTK

Deli Serdang, MISTAR.ID

Rumah Suyanto, salah seorang tokoh masyarakat di Titi XVI, Desa Pulau Tagor, Kecamatan Galang, Kabupaten Deli Serdang dibakar orang tak dikenal (OTK), Jumat (31/5/24) dini hari. Kuat dugaan rumah Suyanto dibakar, buntut dari penolakan yang dia lakukan agar dump truk milik pengusaha galian C tidak melintas di daerah itu.

“Saya meyakininya ada kaitannya dengan penolakan kami terhadap dump truk galian C kemarin,” ujar Suyanto.

Dalam aksi yang dilakukan, istri Suyanto, Nurlelawati bersama puluhan emak-emak Titi XVI bersikeras menolak dump truk melebihi tonase melintas, karena dikhawatirkan dapat merusak jalan desa.

Namun, salah seorang oknum TNI yang mengaku orang lapangan pihak pengusaha galian C tidak kalah ngototnya dengan warga. Akhirnya orang lapangan pengusaha galian C tersebut bernegosiasi dengan warga. Dia berharap 2 unit dump truk yang sudah berisi tanah timbun di lapangan diizinkan melintas.

Baca Juga : Warga Hentikan dan Usir Beko dari Lokasi Galian C PT KSU Kebun Limau Mungkur Deli Serdang

Warga akhirnya menyetujuinya, sebab orang lapangan pengusaha galian C itu mengatakan tanah timbun tersebut untuk lapangan tembak Asrama Brigif 7/RR.

“Kemarin dilakukan negosiasi antara warga Titi XVI dengan orang lapangan pengusaha galian C marga Hutajulu. Dia minta 2 dump truk yang berisi tanah timbun diizinkan melintas. Warga akhirnya mengizinkannya. Karena katanya untuk lapangan tembak Brigif,” jelas Suyanto.

Namun niat baik warga untuk menjaga jalan desanya berujung teror. Beruntung hanya kursi yang berada di teras rumah Suyanto saja yang hangus terbakar. Sementara dinding depan rumahnya juga terlihat menghitam bekas terbakar.

Api sempat menyambar meteran listrik rumahnya, namun berhasil dipadamkan oleh keluarga Suyanto. Suyanto yang bekerja di Kantor Camat Galang tersebut bersama istrinya berencana akan melaporkan peristiwa teror pembakaran tersebut kepada polisi.

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles