15.9 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

Lapas Klas IIA Siantar Dirazia, Petugas Temukan 3 Unit Ponsel

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Sebanyak 3 unit ponsel ditemukan di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Klas IIA Pematangsiantar Kanwil Kemenkumham Sumut. Temuan tersebut setelah petugas melakukan razia di sejumlah blok hunian narapidana.

Kalapas Rudy Fernando Sianturi mengatakan satu persatu kamar napi digeledah untuk mencari barang-barang terlarang. Hasilnya, sejumlah barang yang dilarang dan dianggap berbahaya berhasil disita petugas yang dipimpin Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas Sahat Bangun beserta Tim Satgas Kamtib 1 pada Jumat malam (22/10/21).

“Razia kali ini berfokus kepada blok hunian AA dan BB dimulai dari kamar 1 hingga kamar 7. Kegiatan ini bersifat mendadak dan rahasia,” ujarnya, Sabtu (23/10/21). Dia mengatakan, selain barang bukti handphone, petugas juga menemukan barang lainnya yaitu kipas angin kecil, serta beberapa charger dan headset. Namun tidak ditemukan narkoba jenis apapun.

Baca juga: Razia Lapas Siantar, Petugas Temukan Sejumlah Sendok Tajam di Kamar Warga Binaan

Kalapas itu juga menegaskan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan oleh petugas secara profesional dan independen tanpa ada intervensi serta pertimbangan dari pihak manapun.

“Kami akan terus menggelar razia untuk mengantisipasi gangguan keamanan di dalam lapas akibat masuknya benda-benda terlarang. Menekan adanya gangguan keamanan dan ketertiban di dalam lapas dan sebagai deteksi dini dari pencegahan terjadinya pelarian maupun kerusuhan,” tegas dia.

Rudy pun berjanji akan terus memperketat pengamanan dan pemeriksaan barang-barang yang keluar dan masuk di Lapas Klas IIA Pematangsiantar. Kegiatan ini akan terus dilaksanakan secara rutin untuk melakukan deteksi dini pencegahan gangguan keamanan dan ketertiban serta warga binaan yang melarikan diri. Barang bukti yang didapatkan petugas pada razia tersebut dilakukan pendataan dan langsung dimusnahkan dengan cara dibakar.(yetty/hm09)

Related Articles

Latest Articles