11.6 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Kapolrestabes Medan Diminta Terbuka Soal Kasus Mobil Plat CC

Medan, MISTAR.ID

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Riko Sunarko diminta untuk membuka informasi tentang kasus mobil memakai plat Konsul Negara Rusia seri CC yang diduga palsu.

Komisioner Informasi Provinsi Sumatera Utara (KI Sumut) Robinson Simbolon mengatakan keterbukaan informasi soal kasus/perkara mobil yang menggunakan plat CC Konsul Negara Rusia itu, tidak bisa diabaikan begitu saja. Pasalnya, perkara ini sudah masuk dalam kategori antar negara Indonesia dan Rusia.

“Apalagi Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Protokol dan Konsuler dalam surat No 14305/FD/08/2021/65 yang dikeluarkan di Jakarta pada 29 Agustus 2021 lalu, bahwa Direktorat Fasilitas Diplomatik tidak mempunyai catatan adanya Kantor Perwakilan Federasi Rusia yang berbentuk Konsulat Kehormatan di Kota Medan,” sebut dia menanggapi keresahan publik yang tidak memperoleh informasi soal penanganan perkara mobil mewah yang menggunakan plat CC Konsul Rusia.

Baca Juga:Pemilik Mobil Gunakan Plat Palsu Konjen Rusia Ditetapkan Tersangka

Dikatakan Robinson Simbolon, Komisi Informasi adalah lembaga mandiri yang berfungsi menjalankan Undang-Undang No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), terkait dengan Undang-undang itu, sudah sewajarnya pihak Kepolisian, dalam hal ini Kapolrestabes Medan membuka informasi yang dibutuhkan publik, khusus terhadap wartawan. Sehingga, masyarakat luas (publik) tidak mereka-reka, bagaimana proses hukum tentang kasus mobil yang membawa-bawa Negara Rusia.

Komisioner KI Sumut ini mengingatkan, bahwa Polri mengutamakan tranparansi dan keterbukaan informasi publik. Artinya, sebutnya, terkait persoalan adanya mobil mewah yang menggunakan plat CC (Konsulat) oleh seorang dokter berinisial FN yang mengaku sebagai Konsul Kehormatan Republik Federasi Rusia di Medan, maka tabir kejahatan di balik perkara itu harus dibuka ke publik oleh Polrestabes Medan.

Ketika ditanya wartawan perihal tujuan dan maksud oknum dokter FN menggunakan plat CC Konsul Rusia, Robinson menegaskan, itu yang menjadi tugas dan kewenangannya Kapolrestabes Medan memberi informasi yang transparan kepada publik, sehingga tidak menjadi polemik di tengah-tengah masyarakat. “Artinya, jangan sampai masyarakat mereka-reka, ada kepentingan apa oknum dokter itu mempergunakan plat CC Konsul Rusia,” kata dia.

Baca Juga:Pemilik Mobil Plat Seri CC Akui Dirinya Perwakilan Konsulat Rusia

Diketahui, Satuan Reskrim Polrestabes Medan mengamankan empat mobil mewah memakai plat konsulat negara Rusia seri CC yang diduga palsu, Rabu (25/8/21).

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi, Kamis (26/8/21), membenarkan kalau Polrestabes Medan mengamankan mobil memakai plat seri CC yang diduga palsu. “Benar, Polrestabes Medan ada mengamankan 4 unit kendaraan yang menggunakan plat CC (dari Rusia),” sebutnya. (saut/hm12)

Related Articles

Latest Articles