29.2 C
New York
Thursday, May 9, 2024

Kamar Hunian Rutan Kelas 1 Labuhan Deli Dirazia

Belawan, MISTAR.ID

Untuk mengantisipasi maraknya peredaran narkoba di lingkungan rumah tahanan (rutan), aparat gabungan menggelar razia di kamar hunian Rutan Kelas 1 Labuhan Deli, mendampingi instansi terkaitĀ  seperti Kanwil Menkuhham Sumut, BNN Sumut, Polres Pelabuhan Belawan, dan Koramil 0201-10/M, Rabu (10/3/21) dini hari.

Razia tersebut diawali pemberian arahan dari Kepala Rutan Labuhan Deli Nimrot Sihotang dengan menyampaikan perihal keadaan kamar hunian Rutan Kelas 1 Labuhan Deli kepada personil gabungan, dan menginstrusikan agar penggeledahan dilaksanakan secara merata di kamar-kamar hunian Rutan Labuhan Deli.

Sekitar 100 anggota gabungan dari tim razia, menargetkan operasi malam itu adalah narkoba yang tidak diperbolehkan berada di dalam Rutan Kelas 1 Labuhan Deli.

Baca Juga:Barbut Kasus Narkoba Ada Timbangan, Pegawai Rutan Sidikalang dan Temannya Direhab

Kapolsek Medan Labuhan Kompol Edy Safari, Kabag Ops Polres Pelabuhan Belawa Kompol Mustafa Nasution, Kepala Bidan Pelayanan Tahanan Kesehatan Realibitasi Pengelola Badan Barang dan Keamanan Kanwil Menkuhham, BNN Sumut, TNI, Nimrot Sihotang selaku Kepala Rutan Kelas 1 Labuhan Deli langsung memimpin razia yang dibagi menjadi 3 regu.

Nimrot Sihotang mengatakan, berdasarkan instruksi dari Menteri Hukum dan HAM untuk menjadikan Rutan sebagai tempat pembinaan warga binaan yang bersih. “Razia yang digelar menyesir semua kamar di setiap blok Rutan dengan target barang-barang terlarang, khususnya Hp dan narkoba,” ungkapnya.

Baca Juga:Petugas Sita Barang Terlarang dari Penghuni Rutan KLS IIB Balige

“Petugas juga berhasil mengamankan beberapa benda yang dianggap berbahaya, dan seharusnya tidak berada di dalam kamar hunian seperti, sendok, korek api gas, benda tajam dan bungkusan berisi serbuk putih,” sebutnya

Razia gabungan rutin dilakukan supaya mempersempit ruang gerak penyalahgunaan narkoba. Kepala Bidang Pelayanan Tahanan Kriston Napitupulu mengatakan, ada 11 personil yang ikut dalam razia supaya dapat mencegah peredaran narkoba di dalam rumah tahanan. “Intinya meminimalisir barang terlarang seperti narkoba, miras, sajam dan barang-barang terlarang lainnya,” ucapnya.(kamaluddin/hm10)

Related Articles

Latest Articles