19 C
New York
Monday, May 20, 2024

Kabupaten Nagan Raya Aceh Diguncang Gempa Tektonik M 4,9

Medan, MISTAR.ID

Wilayah Kabupaten Nagan Raya Provinsi Aceh diguncang gempa bumi tektonik berkekuatan Magnitudo 4,9 SR, Minggu (19/12/21) pukul 21.34.57 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) wilayah I Medan mencatat, episenter gempa terletak pada koordinat 4,59 LU dan 96,40 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 40 Km Timur Laut Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh pada kedalaman 2 Km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi disebabkan oleh aktivitas sesar Aceh Central yang berada di daerah tersebut,” ujar Kepala BMKG wilayah I Medan Hartanto, Senin (20/12/21).

Hartanto mengatakan, dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di Takengon-Aceh Tengah dengan skala II MMI atau getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Baca juga: Jember Dilanda Gempa M 5,1, Getaran Terasa Sampai ke Bali

“Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan akibat dampak gempa bumi tersebut,” ungkapnya. Hartanto pun memastikan hingga pukul 23.15 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan bahwa tidak ada kejadian gempa bumi susulan (aftershock). “Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” pungkasnya. (ial/hm09)

Related Articles

Latest Articles