6 C
New York
Saturday, March 2, 2024

Jadi Calo CPNS, Oknum ASN Pemkab Dairi Ditangkap di Sumatera Barat

Sidikalang, MISTAR.ID

Seorang perempuan oknum ASN di Dinas Pertanian Pemerintah Kabupaten Dairi berinisial VN (51) ditangkap Sat Reskrim Polres Dairi dengan cara menjemput paksa dari salah satu
tempat di Provinsi Sumatera Barat.

Peristiwa penangkapan VN (51) dari Sumatera Barat dibenarkan Kapolres Dairi AKBP Wahyudi Rahman melalui Kasat Reskrim AKP Rismanto J Purba, Kamis (28/4/22).

AKP Rismanto J Purba membenarkan penangkapan tersangka VN (51) diduga menjadi calo Calon Pengawai Negeri Sipil (CPNS) dan berhasil meraup ratusan juta rupiah dari korbannya. Namun, setelah ditetapkan menjadi tersangka, VN tidak kooperatif dan mengabaikan surat panggilan polisi hingga akhirnya dijemput paksa dari Sumatera Barat dan kini diamankan di Mapolres Dairi.

Baca juga: Oknum PNS Pemkab Dairi Jadi Tersangka Dugaan Kasus Penipuan dan Penggelapan

Sebelumnya, diberitakan VN menjadi calo PNS dan salah seorang korbannya, Hotma Sinaga, warga Temba Kecamatan Pegagan Hilir Dairi dan langsung membuat pengaduan polisi pada Februari 2021 di Mapolres Dairi.

Semula, Hotma Sinaga dijanjikan masuk PNS dengan bayaran ratusan juta rupiah dan jumlah uang tersebut ditransfer 3 kali oleh Jonson Bornok Sihombing, suami Hotma Sinaga
setelah mereka berkomunikasi melalui WhatsApp (WA). Percakapan itu dipakai sebagai barang bukti.

Bornok juga mentransfer uang Rp40 juta, di luar kesepakatan untuk CPNS. Uang itu untuk fee pengadaan barang di Dinas Pertanian dan belakangan uang itu dikembalikan.

Baca juga: Wabup Deli Serdang Serahkan 59 SK CPNS Tahun 2021

Sebelumnya diketahui dari sistem informasi penelusuran perkara pada Pengadilan Negeri (PN) Sidikalang, sesuai nomor perkara 28/Pdt.G/2021/PN sdk tersangka VN menggugat Jonson Bornok Sihombing dan istrinya Hotma Santarida Sinaga ke PN Sidikalang dengan klasifikasi perkara perbuatan melawan hukum.

Tertangkapnya oknum ASN Pemkab Dairi VN(51) di Sumbar, menjadi trending topic di kalangan masyarakat Dairi. Bahkan ada informasi beredar VN merupakan ASN yang diduga
kuat sengaja didatangkan ke Dairi sebagai calon pejabat eselon II di Pemkab Dairi.(manru/hm09)

Related Articles

Latest Articles