14.2 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

Gunung Dukono Keluarkan Abu Vulkanik Setinggi 4 Km

Halmahera, MISTAR.ID

Gunung Dukono di Halmahera, Maluku Utara, kembali mengeluarkan abu vulkanik pagi ini, Rabu (3/1/24) sekira pukul 06.52 WIT. Abu vulkanik sendiri mencapai ketinggian 4.000 meter atau 4 kilometer (km).

“Letusan Gunung Dukono mengeluarkan abu vulkanik yang teramati sekitar 4.000 meter di atas puncak gunung (± 5.087 meter di atas permukaan laut),” tulis Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dalam keterangan resminya di media sosial.

Diketahui, kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal ke arah barat daya.

“Saat laporan ini dibuat, erupsi masih berlangsung,” tambah PVBMG.

Baca juga: Gunung Dukono Kembali Erupsi Pagi Ini

Atas kejadian ini, PVBMG mengimbau agar masyarakat di sekitar Gunung Dukono diharapkan untuk tidak beraktivitas, mendaki, dan mendekati Kawah Malupang Warirang dalam radius 3 km.

“Mengingat letusan dengan abu vulkanik terjadi secara periodik dan sebaran abu mengikuti arah dan kecepatan angin, sehingga area landasan abu tidak tetap. Jangan lupa menggunakan masker,” imbau PVBMG.

Ini bukan kali pertama Gunung Dukono menyemburkan abu vulkanik. Sebelumnya, Jumat (29/12/23) pukul 07.03 WIT, Gunung Dukono juga meletus dengan abu vulkanik yang teramati mencapai ketinggian sekitar 2.800 meter atau 2,8 km. (mtr/hm20)

Related Articles

Latest Articles