11.2 C
New York
Monday, May 6, 2024

Buruh PT PSU Demo di Kantor Gubernur Sumut, Ini Tuntutannya 

Medan, MISTAR.ID

Ratusan buruh dan pensiunan PT Perkebunan Sumatera Utara (PSU) kembali menggelar demonstrasi di depan Kantor Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Jalan Diponegoro, Medan, Kamis (14/3/24). Dalam aksi itu, mereka menuntut pembayaran gaji dan pensiunan yang belum terbayarkan oleh perusahaan.

Datang dengan tiga bus besar disertai mobil komando, massa buruh yang dipimpin Suryono, Ketua Pengurus Daerah Serikat Buruh, mendesak untuk masuk ke dalam halaman Kantor Gubernur Sumut. Namun, permintaan mereka ditolak oleh petugas Satpol PP yang berjaga, dan langsung menutup pintu utama gedung pemerintahan Sumut.

Pimpinan aksi memerintahkan massa untuk membuka paksa pintu gerbang utama yang ditutup oleh petugas. Mereka berteriak, “Dobrak pintunya! Kami sudah lapar! Bayar gaji kami!”. Upaya pembukaan pintu pun membuat situasi semakin tegang, sementara massa juga berusaha menerobos masuk lewat pagar samping.

Karena tidak puas dengan respons yang diterima, sebagian massa menutup jalan di persimpangan Jalan Diponegoro dan Jalan Kartini, menyebabkan macet total. Meskipun petugas polisi lalu-lintas dan Dinas Perhubungan Kota Medan berusaha membujuk massa agar membuka jalan, mereka malah berbaring di tengah jalan sebagai bentuk protes.

Baca Juga : Gaji Karyawan Tertunggak, Pj Gubernur Sumut Evaluasi Direksi PT PSU

Juliadi Harahap, utusan dari Pemprov Sumut akhirnya datang untuk bernegosiasi dengan massa. Setelah perundingan, sejumlah perwakilan massa buruh PT PSU diperbolehkan masuk dalam perundingan.

Sebelumnya, total tunggakan gaji yang belum dibayarkan oleh PSU kepada buruh mereka mencapai lebih dari Rp3,7 miliar. Para buruh juga mengeluhkan bahwa gaji yang mereka terima tidak termasuk premi dan tunjangan Hari Raya (THR).

Dalam mediasi sebelumnya, manajemen PSU dan Pemprov Sumut telah menyatakan kesediaan untuk membayar sebagian gaji bulan Desember 2023 pada Januari 2024. Namun, hingga saat ini belum ada tindak lanjut yang dilakukan pihak Pemprov Sumut.

Perundingan antara perwakilan buruh dan pihak PSU serta Pemprov Sumut masih berlangsung di Ruang Rapat Lantai II Kantor Gubernur Sumut, sementara massa masih menunggu keputusan terhadap tuntutannya. (hutajulu/hm24)

Related Articles

Latest Articles