19.2 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

Berkunjung ke Rumah Paman, Ini Kronologi 2 Pelajar Ditemukan Tenggelam di Danau Toba

Taput, MISTAR.ID

Dua orang pelajar tenggelam di Perairan Danau Toba, tepatnya di Lumban Pasir, Desa Sibandang, Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput).

Kedua korban yang masih mempunyai hubungan kekeluargaan, yakni inisial CEM (16, warga Jalan Tuar, Kelurahan Amplas, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan dan ASS (17), warga Gajah Mati Desa Bukit Bintang Indah, Kecamatan Lauser, Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi Aceh.

Kapolres Taput, AKBP Johanson Sianturi melalui Kasi Humas, Ipda Barencus Gultom membeberkan kronologi hingga ditemukannya kedua korban dalam keadaan meninggal dunia, Senin (19/6/23).

Baca juga: Dua Remaja Tenggelam di Danau Toba, Ditemukan Meninggal Dunia

Menurutnya, dari keterangan saksi yang dihimpun, yaitu RMS (14) dan CS (13), keduanya warga Desa Sibandang, saat itu mereka bersama-sama hendak mandi ke Danau Toba di daerah Pulau Sibandang, Minggu (18/6/23) sekira pukul 17.50 WIB.

Barencus menuturkan, kedua korbannya diketahui berkunjung ke rumah pamannya di Desa Sibandang.

“Setibanya di pinggir pantai, korban CEM melompat ke Danau Toba, namun tidak bisa berenang. Akhirnya meronta-ronta meminta tolong. Selanjutnya korban AS berusaha menolong dengan memberikan satu tangannya. Sementara tangan lain memegang pinggiran kapal yang sedang berlabuh,” sebutnya.

Baca juga: Tenggelam di Pantai Sunset Beach Tambunan Toba, Dian Tambunan Ditemukan Tak Bernyawa

Ternyata AS tidak sanggup menarik dengan satu tangan, lalu melompat ke danau berusaha untuk menolong CEM. Namun CEM memeluk AS, sehingga tidak bisa bergerak dan keduanya pun tenggelam.

“Setelah melihat keduanya sudah tidak muncul, kedua saksi pun melaporkan kepada warga sekitar untuk melakukan pencarian. Warga sekitar bersama personil Polsek dan Koramil Muara pun turut melakukan pencarian, namun tidak berhasil menemukan keduanya,” kata Barencus.

Lalu menghubungi tim SAR dari Parapat dan melakukan pencarian hingga pukul 21.00 Wib, namun tidak berhasil menemukan kedua korban.

Baca juga: Dicari 2 Hari, Pria Hanyut di Sungai Aek Puli Taput Ditemukan Tak Bernyawa

Barencus mengatakan, Senin (19/6/23), masyarakat sekitar, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Muara, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Taput dan tim SAR kembali melakukan pencarian.

Sekira pukul 08.30 WIB, kedua korban berhasil ditemukan dalam kondisi sudah meninggal dunia. Saat ditemukan keduanya saling berpelukan tidak jauh dari posisi pertama tenggelam di kedalaman Danau Toba diperkirakan 11 meter. (fernando/hm16)

Related Articles

Latest Articles