17.5 C
New York
Monday, April 29, 2024

Banjir di Binanga Bolon Rusak 15 Hektare Lahan Pertanian

Simalungun, MISTAR.ID

Banjir bandang yang terjadi Nagori Purba Pasir, Kecamatan Haranggaol Horison merusak sekitar 15 hektare lahan pertanian milik warga.

Pangulu Nagori Purba Pasir H Haloho saat ditemui di lokasi banjir Kamis, (21/12/23) mengatakan, kerugian yang dialami akibat bencana bandang itu sekitar Rp2 miliar lebih.

“Rusak semua lahan warga. Batu-batu besar berserakan itu di ladang. Ada sekitar 15 hektar lah lahan pertanian yang rusak,” kata Haloho.

Baca Juga: Jembatan Binanga Bolon Haranggaol Putus Diterjang Air Bah

Warga yang terdampak banjir akibat adanya penggalian yang jebol di Nagori Purba Tongah, kata Haloho, ada 28 Kepala Keluarga (KK).

“Informasinya ada masyarakat mau membuat jalan sekaligus waduk di atas sana (Nagori Purba Tongah). Kemudian tanggul penggaliannya jebol, jatuh lah semua air ke sini,” ungkapnya.

Saat ini, lanjut Halohi, Pemkab Simalungun telah menyerahkan bantuan 30 karung beras, mi instan, dan juga tikar (matras) serta membangun dapur umum yang tak jauh dari lokasi banjir.

Baca Juga: Begini Kronologi Terjadinya Air Bah di Binanga Bolon Haranggaol

Diberitakan sebelumnya, jalur alternatif dari Tigaras menuju Haranggaol, tepatnya di Nagori Purba Pasir, Kecamatan Haranggaol Horison, putus akibat diterjang air bah, Rabu (20/12/23) sore.

Pasca kejadian, satu unit rumah yang berada di sekitar jembatan Binanga Bolon hanyut terbawa air. (Indra/hm22)

Related Articles

Latest Articles