28.7 C
New York
Thursday, May 9, 2024

Bah! Usai Sidang, Terdakwa Bawa Narkoba di PN Belawan

Belawan, MISTAR.ID – Pengadilan Negeri Belawan di Jalan Selebes Gang Pekong Lingkungan 43 Kelurahan Belawan II, Kecamatan Medan Belawan sempat dibuat geger.

Pasalnya, dua orang tahanan, Sakino dan Doni Tarigan kedapatan membawa narkoba jenis sabu ke dalam Rutan (Rumah Tahanan) Kelas II Labuhan Deli, Kamis (13/2/2002) sore sekitar pukul 16.00 Wib.

Dari informasi yang dihimpun Mistar di lapangan menyebutkan, saat itu para tahanan akan dibawa ke dalam mobil tahanan. Sebelum dibawa, para tahanan didata dan dikumpulkan di aula Pengadilan Negeri Belawan.

Saat dikumpulkan, seorang pegawai kejaksaan melihat Sakino menyerahkan peket kecil kepada Doni Tarigan

Melihat itu, pegawai kejaksaan tersebut langsung memeriksa Doni Tarigan dan mendapatkan narkoba jenis sabu di badannya.

Para tamu di Pegadilan Negeri Belawan sempat dibuat geger melihat kenyataan ini, karena di pengadilan saja para tahanan bisa dengan mudahnya mendapatkan narkoba.

Anggota Sat Narkoba Polres Pelabuhan Belawan yang kebetulan berada di Pengadilan Negeri Belawan, langsung mengamankan kedua tahanan yang akan membawa sabu tersebut ke dalam Rutan Kelas II Labuhan Deli.

Menurut anggota Sat Narkoba Polres Pelabuhan Belawan yang dikonfirmasi di TKP, diduga narkoba itu dibawa oleh tamu kedua tahanan itu.

Yandre (50), seorang warga Belawan yang menyaksikan kejadian itu langsung memberikan komentarnya. Menurutnya, kejadian ini akibat lemahnya pihak pengadilan dalam mengawasi dan tidak dilakukan pengecekan terhadap badan sebagai bentuk identifikasi kepada setiap tamu yang berkunjung melihat tahan. “Sebagai bentuk antisipasi kepada setiap tamu yang berkunjung,” kata Andre.

Yandre juga mengatakan, diduga para penjaga di Pengadilan Negeri Belawan sudah kong kali kong dengan para tahanan yang akan disidang.

“Sehingga para tamu bebas keluar-masuk melihat para tahanan yang di sel sehingga bisa lolos serbuk putih musuh negara ini,” jelas Yandre

Reporter: Kamaluddin Pasaribu
Editor: Luhut Simanjuntak

Related Articles

Latest Articles