13.5 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

8 Tahanan BNNP Sumut Kabur, Warga: Sudah Beberapa Kali Kejadian

Medan, MISTAR.ID

Delapan tersangka kasus narkoba berhasil melarikan diri dari sel tahanan Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Utara, Jalan Balai POM, Medan Estate, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sabtu (11/11/23) sekitar pukul 04.00 WIB.

Kabar tahanan melarikan diri itu hingga saat ini masih misteri. Pasalnya, pihak BNNP Sumut sendiri belum bersedia memberikan penjelasan terkait peristiwa tersebut.

Berdasarkan penelusuran Mistar.id, Senin (13/11/23) siang, sejauh ini belum ada yang mengetahui jelas kronologi larinya sejumlah tahanan tersebut. Namun ada salah satu warga menyebut, larinya tahanan dari sana sudah beberapa kali terjadi.

“Kok gak denger ya? Biasanya kalau larinya di sini tau nya aku. Mungkin karena pagi itu ya larinya, makanya gak tau. Kalau jam segini masih di rumah,” ujar salah seorang pedagang yang ditemui Mistar di seputaran Kantor BNNP Sumut.

Baca Juga: Delapan Orang Tahanan BNNP Sumut Dikabarkan Melarikan Diri

Wanita paruh baya itu mengatakan, kabar larinya tahanan dari BNNP Sumut sudah biasa. Sebelumnya, ada orang yang melarikan diri, tapi kemudian berhasil ditangkap lagi.

“Sebelumnya pernah [juga] lari, tapi ditangkap orang itu lagi. Tahanan yang diamankan dari warnet-warnet gitu lah,” sebutnya.

Kesaksian yang sama juga disampaikan warga lainnya. Mereka mengaku tidak mengetahui kabar menghilangnya para tahanan tersebut, karena Kantor BNNP Sumut berada di kawasan perkantoran.

“Daerahnya kantornya itu kan bang gedung-gedung semua. Jalannya cuma satu nya, paling dari depan ini. Kalau yang ujung sana jalannya buntu,” urainya.

Terpisah, petugas penjagaan di Kantor BNNP Sumut, saat ditemui Mistar.id Senin siang untuk mengkonfirmasi terkait peristiwa tersebut mengatakan, Kepala BNNP Sumut Brigjen Toga H Panjaitan sedang tidak di kantor.

“Kalau Pak Kepala [BNNP] sedang tidak di kantor. Rabu (15/11/23) aja lah datang, Bapak itu berangkat sama bagian Humas juga,” ujar pria berbadan tegap itu.

Petugas sekuriti itu juga mengatakan bahwa Kabid Pemberantasan BNNP Sumut Kombes Sampana Sitepu juga tidak di lokasi.

Baca Juga: BNNP Sumut Buru 8 Tahanan yang Kabur di Waktu Subuh

Saat disinggung terkait lokasi rumah tahanan tempat para tersangka melarikan diri, keduanya tidak bersedia memberi keterangan dan meski juga tidak membantah terkait larinya tahanan tersebut.

“Tunggu nanti bang. Kalau memang Humasnya sudah ada mendampingi. Kita hanya bertugas di sini aja, gak bisa kita kasi keterangan lebih lanjut,” tegasnya.

Sebelumnya, Kepala BNNP Sumut, Brigjend Pol Drs Toga H Panjaitan saat diminta konfirmasi membenarkan peristiwa kaburnya para tahanan itu.

“Iya benar ada 8 tahanan kita yang kabur hari Sabtu sekitar jam 04.00 WIB,” ujarnya katanya kepada Mistar.id, Senin (13/11/23) siang.

Meski begitu, Panjaitan belum bersedia menjelaskan kronologi hingga para tahanan tersebut bisa kabur. “Bentar ya, kita masih pengembangan,” jawabnya singkat.
(Matius/Iqbal/hm22)

Related Articles

Latest Articles