21 C
New York
Thursday, July 4, 2024

Targetkan Menjadi Bank Dunia, Erick Thohir Optimis pada BUMN ini

Jakarta, MISTAR.ID

Menteri BUMN Erick Thohir memberikan penghormatan kepada PT Bank Negara Indonesia Tbk. (BBNI) atau BNI untuk mengembangkan bisnis diaspora di Hong Kong. Erick mengatakan BNI membantu Sarinah, pemilik Surya Trading, mendirikan bisnis penjualan makanan dan minuman Indonesia di Hong Kong.

Erick menilai BNI yang diusung sebagai Bank Dunia dari Indonesia telah memenuhi misinya untuk meningkatkan dukungan bagi pengembangan bisnis diaspora Indonesia di luar negeri.

“Ini contoh diaspora yang kami dorong untuk berbisnis di luar negeri melalui program BUMN BNI Xpora. Ini kerja nyata program BUMN,” kata Menteri BUMN dalam keterangan resminya, Minggu (2/7/23).

Baca juga: Wamen BUMN Dukung “GFF 2023” Percepat Ketahanan Pangan Nasional

Sarinah kini memiliki 13 toko dan bekerjasama dengan 200 distributor. Erick yakin, Sarinah akan sangat membantu pemasaran makanan Indonesia dan brand Indonesia di Hong Kong.

Bisnis Sarinah tidak hanya mempromosikan produk Indonesia secara besar-besaran, tetapi juga memberikan akses pasar bagi produk UMKM. Padahal, 20% produk yang dijual Sarinah di Hong Kong adalah produk UMKM.

“Yang perlu diperjuangkan adalah brand position kami yang masih lemah. Kami sangat mengapresiasi Ibu Sarinah dan BNI yang ingin meningkatkan brand Indonesia,” ujar Erick.

Baca juga: Karyawan BUMN Diciduk Polisi Atas Pengembangan Kasus Narkoba di Tebing Tinggi

Royke Tumilaar, Dirut BNI, menjelaskan Xpora merupakan program BNI yang mendorong pelaku UMKM untuk berkembang dan menembus pasar global.

Dalam program ini, BNI memanfaatkan jaringan kantor cabang luar negeri yang berada di kota-kota terbesar di dunia. Sehingga dapat membentuk ekosistem yang potensial dengan menghubungkan usaha kecil menengah dengan buyer diaspora Indonesia di luar negeri. (Mtr/hm21).

Related Articles

Latest Articles